Smartphone Kamera Terbaik 2017-2018 Spesifikasi HP Kualitas Kamera Terbaik Dan Murah

HP dengan kamera terbaik sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan karena kamera saat ini merupakan salah satu komponen penting dalam smartphone untuk mendukung aktivitas fotografi, mengambil film, selfie dan banyak aktivitas lainnya.


hp kamera terbaik terbaru 2017-2018


HP Kamera Terbaru Smartphone Kamera Terbaik Di Dunia  2017-2018 Beserta Spesfikasinya [Update]



Penggunaan smartphone saat ini tidak lagi sekedar alat komunikasi biasa maupun komputasi sehari-hari, tapi juga sebagai alat yang mendukung kegiatan lainnya khususnya fotografi, selfi, serta video recording (merekam video). Untuk mendapatkan gambar berkualitas terbaik saat menggunakan hp maka tentu saja harus menggunakan smartphone kamera terbaik dengan spesifikasi kamera yang memadai serta didukung performa komponen lainnya.

HP kamera terbaik  2017/2018 berikut ini layak dipertimbangkan untuk dimiliki karena mampu menghasilkan gambar berkualitas (image quality) dengan aperture, frame video, flash, kestabilan optikal (OIS), autofokus, serta resolusi video kamera belakang depan maupun belakang sangat baik didukung fitur-fitur terbaru tan tercanggih saat ini.

Salah satu indikator predikat HP Terbaik adalah kamera. Indikator kamera dan aspek-aspeknya merupakan salah satu tolak ukur untuk hp/smartphone terbaik di dunia saat ini.
HP Kamera Terbaik adalah smartphone dengan kamera terbaik yang menghasilkan gambar dan video berkualitas tinggi. 

Mengambil foto dengan kualitas gambar tinggi atau merekam video dengan frame rate berkualitas HD tidak lagi harus menggunakan kamera fotografi sejenis DSLR atau web cam/cam corder, karena smartphone tercanggih saat ini telah memiliki kamera terbaik dengan fitur-fitur terbaru dan tercanggih yang sangat mendukung untuk kegiatan fotografi maupun filming. Beberapa hp terbaik yang setara dengan kamera DSLR sudah banyak diproduksi.

Bahkan aktivitas berfoto selfie saat ini sudah bisa dilakukan kapan saja dengan menggunakan hp kamera terbaik untuk selfi. Ya, hp kamera terbaik dan hp dengan kamera depan terbaik untuk selfie saat ini bisa diperoleh para pencinta fotografi.

Beberapa faktor yang mempengaruhi minat pengguna smartphone untuk membeli hp berkualitas khususnya hp kamera terbaik antara lain :

  • Spesifikasi penunjang performa smartphone seperti processor, kartu grafis, RAM, storage/penyimpanan. Semakin tinggi spesifikasi dan performanya, semakin mahal harganya
  • Spesfikasi desain hp. Biasanya desain unik dengan tampilan kinclong plus body yang dilapisi material terbaik akan mempengaruhi minat pembeli
  • Spesifikasi kamera. Semakin tinggi resolusi layar dan resolusi foto maupun video yang dihasilkan, akan semakin baik hasilnya. Biasanya spesifikasi kamera tinggi juga dihargai tinggi
  • Kecanggihan dan performa smartphone. HP tercanggih dan HP kamera tercanggih umumnya didukung dengan fitur-fitur yang dibuat dengan teknologi tercanggih dan terbaru. HP tercanggih maupun smartphone kamera tercanggih akan memberikan daya tarik tersendiri apalagi untuk pengguna yang technology oriented. Semakin canggih sebuah perangkat hp, harganya juga makin mahal.
  • Harga smartphone. Nah inilah faktor yang paling diperhatikan pembeli. HP kamera terbaik dan termurah adalah yang paling dicari-cari. Kalau ada smartphone terbaik dengan kamera tercanggih yang harganya murah, kenapa harus beli yang mahal bukan ? Sayangnya diantara sejumlah hp dengan kamera terbaik saat ini tidak termasuk dalam daftar hp kamera terbaik dibawah 3 jutaan, apalagi jajaran hp dengan kamera terbaik harga 1 jutaan. 

    HP Kamera dan Kamera HP

    HP Kamera adalah perangkat seluler/phone cell yang di dalamnya ditanam kamera khusus untuk mendukung sejumlah aktivitas fotografi.

    Sejarah Kamera Untuk Ponsel


    Pembuatan phone cell yang di dalamnya telah ditanam lensa kamera telah dimulai sejak akhir tahun 1990'an, dimana pada masa itu phone cell digabungkan dengan PDA sehingga menjadi sebuah ponsel pintar/smartphone yang mendukung sejumlah fungsi komunikasi, komputasi dan fotografi.

    Perkembangan teknologi menyebabkan sejumlah produsen dan vendor smartphone dunia berlomba-lomba menciptakan hp yang support fotografi yang menghasilkan kualitas gambar tinggi. Saat ini hp kamera bukan hanya digunakan untuk fotografi tapi juga rekam video. Untuk mendapatkan hasil terbaik tentu saja harus menggunakan kamera khusus untuk smartphone dengan jenis lensa terbaik dan spesifikasi tinggi.

    Nokia, Samsung dan Sony merupakan trio pembuat hp dengan kamera terbaik di dunia dengan teknologi canggih. Ini karena latar belakang mereka sebagai produsen perangkat elektronik seperti televisi, dimana kedua produsen ini selalu berkompetisi menciptakan layar berkualitas tinggi (HD, LCD, LED). Selain itu keduanya cukup terkenal sebagai produsen kamera (cam corder, video cam dan lainnya). Dengan latar belakang tersebut menyebabkan mereka sangat berani berkompetisi dalam industri smartphone khususnya hp dengan fitur-fitur kamera untuk mengimbangi beberapa produsen smartphone lain yang menyandingkan produk-produk kamera dan lensa kamera dari pesaing kedua pabrikan global ini. Pada era 2000'an Nokia adalah produsen hp dengan kamera yang paling dominan.

    Kamera Handphone dan Jenis-jenisnya

    Prototipe ponsel kamera pertama kali ditemukan oleh Daniel A.Henderson pada tahun 1993. Ponsel tersebut diketahui sudah memiliki kemampuan mengambil gambar foto dan video. Setelah itu terjadilah pengembangan dan inovasi kamera untuk ponsel. Jenis-jenis kamera ponsel tersebut yaitu :
    • Kamera 0,1 MP (1997), dibuat oleh Sharp tahun 1997 beresolusi 0,1 MP dengan produk J-Phone atau J-SH04. 
    • Kamera VGA (0,3 MP), pertama sekali dibuat dengan resolusi 640x480 pixel (0,3MP). Nokia menjadi vendor pertama yang membuat ponsel kamera VGA tahun 2002 melalui Nokia 7650, namun belum bisa merekam video.
    • Kamera VGA resolusi 1,3 MP, dirilis oleh Samsung tahun 2003 melalui Samsung SCH-V420 model flip/lipat
    • Kamera 3 MP, dirilis oleh Sony Ericson melalui S750 yang merupakan hp dengan autofokus pertama tahun 2005
    • Kamera 3,2 MP, dirilis oleh Sony Ericsson tahun 2006 melalui SE K800 yang sudah menggunakan Xenon Flash
    • Kamera 3,2 MP dengan kamera video, dirilis pertama kali oleh Noka melalui N93 yang sudah memiliki kemampuan optical zoom hingga 3x dan dilengkapi lensa Carl Zeiss tahun 2006
    • Kamera 5 MP, dirilis pertama kali oleh Nokia melalui Nokia N95 dan Nokia N82 yang tahun 2007
    • Kamera 8 MP, pertama kali dibuat oleh Nokia melalui Nokia N86 tahun 2009. Merk ini merupakan hp dengan kamera harga terjangkau sehingga banyak peminatnya
    • Kamera 12 MP, dirilis tahun 2009 melalui Samsung M8910 Pixon12 dan merupakan hp pertama yang menggunakan kamera beresolusi 12 MP dengan suidut lebar 28mm dan menggunakan Xenon Flash
    • Kamera 12 MP dengan Video HD, dirilis pertama kali oleh Nokia N8 tahun 2010 dimana telah memiliki sensor kamera 1/1.83 menggunakan lensa Carl Zeiss serta autofokus. HP ini juga mampu merekam video HD (720p@30fps)
    • HP Kamera 13 MP, dirilis oleh Sony tahun 2012 yang sudah dibekali autofokus dan LED. HP kamera ini sangat lengkap, karena memiliki fitur touch focus, panorama, image/video stabilization, dan bisa merekam video HD 1080p©30fps.
    • Kamera 16,3 MP, dirilis pertama sekali oleh Samsung melalui Samsung Galaxy Camera GC100 dimana terjadi perkawinan teknologi android dengan kamera saku dengan autofocus 21x optical zoom dan Xenon Flash, serta sudah mampu merekam video Full HD 1080p@30fps.
    Hingga saat ini, sudah ada kamera ponsel beresolusi 41 MP yang bisa ditemui dalam Nokia PureView (efektif 38 MP).


    Spesifikasi HP Kamera Terbaik Kualitas Bagus Dan Canggih

    Spesifikasi hp kamera terbaik kualitas bagus dan canggih sangat menentukan kualitas fotografi. Selama ini kamera DSLR merupakan kamera yang paling sering dipakai untuk fotografi. Untuk mendapatkan hasil yang setara dengan kamera DSLR maka spesifikasi hp kamera terbaik juga harus memadai.

    Untuk mendukung fungsi komunikasi sekaligus mendukung aktivitas fotografi dan pendokumentasian dengan kualitas gambar tinggi, maka dibutuhkan perangkat gadget smartphone atau hp yang memiliki kamera berspesifikasi tinggi dan memenuhi spesifikasi teknis perangkat fotografi.

    Seiring dengan kompetisi tersebut sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone yang menginginkan sebuah perangkat multi fungsi, saat ini hp dengan kamera terbaik telah banyak dibuat.

    HP Dengan Kamera Depan Terbaik Adalah HP Kamera Terbaik Untuk Selfie

    Ya, begitulah adanya.

    HP dengan kamera depan terbaik adalah smartphone kamera terbaik untuk selfie. Bila selama ini sejumlah hp dirilis dengan kamera belakang terbaik, maka saat ini vendor telah membuat hp dengan kamera depan yang setara dengan kamera belakang.

    Pengguna smartphone kini bisa memanjakan diri dan eksis di media sosial dengan mengunggah foto-foto selfie menggunakan hp kamera terbaik.

    Agar menghasilkan gambar berkualitas tinggi saat selfie, maka perangkat hp terbaik adalah yang memiliki spesifikasi kamera depan yang baik dan canggih. 
    Saat ini bahkan sudah banyak hp dengan kamera depan terbaik yang mendukung aktivitas foto selfie, contohnya beberapa produk ASUS Zenfone 3 Max maupun ASUS Zenfone Selfie. Ada juga Oppo F1s dan Oppo F5 yang beberapa waktu terakhir didapuk sebagai salah satu hp kamera terbaik untuk selfie (bagi sebagian kalangan).

    Lalu bagaimana mengukur kualitas dan performa hp terbaik kamera ?

    Sejumlah labs dan media statistik melakukan test benchmark namun masing-masing mereka menguji indikator yang bisa jadi sama dan boleh jadi berbeda satu sama lain pada setiap aspek yang dinilai. Nilai benchmark tersebut juga akan berbeda. Wajar bila predikat hp kamera terbaik itu menjadi sangat relatif, dan pengguna smartphone-lah yang harus memilih. 

    Namun dalam topik kali ini, TeknoPlug hanya mengulas hp dengan kamera terbaik menurut DxoMark dan Top Ten Reviews.

    HP Kamera Terbaik Menurut DxoMark 2017

    Salah satu smartphone labs yang mengeluarkan rilis daftar hp kamera terbaik yaitu DxoMark.. Pada tahun 2017, DxoMark telah merilis 10 daftar merk smartphone kamera terbaik di dunia melalui pengujian oleh DxO Labs. DxoMark adalah sebuah lembaga yang menyusun peringkat kualitas sensor hp digital berdasarkan semua aspek dan karakteristik sensor kamera, nilai individu lensa kamera, kinerja sensor saat digunakan (landscape, portrait, color depth, low-light ISO, dynamic range).

    Berikut ini adalah rilis 10 HP kamera terbaik versi DxoMark
    1. HTC U11 (resolusi layar 1440 x 2560 pixel Super LCD 5,5 inci, kamera depan 16 MP, kamera belakang 12 MP dual-LED)
    2. Google Pixel (resolusi layar 1080 x 1920 pixel AMOLED5 inchi, kamera depan 8 MP, kamera belakang 12,3 MP)
    3. HTC 10 (resolusi layar 1440 x 2560 pixel Super LCD 5,2 inchi, kamera depan 5 MP, kamera belakang 12 MP dual-LED)
    4. Samsung Galaxy S8 (resolusi layar 1440 x 2960 pixel Super AMOLED 5,8 inchi, kamera depan 8 MP Auto HDR, kamera belakang 12 MP LED flash)
    5. Samsung Galaxy S7 Edge (resolusi layar 1440 x 2560 pixel Super AMOLED 5,5 inchi, kamera depan 5 MP Auto HDR dual video call, kamera belakang 12 MP LED flash)
    6. Sony Experia X Performance (resolusi layar 1080 x 1920 pixel IPS LCD 5 inchi, kamera depan 13 MP HDR, kamera belakang 23 MP LED flash)
    7. Huawei P10 (resolusi layar 1080 x 1920 pixel IPS Neo-LCD 5,1 inci, kamera depan 8 MP, kamera belakang dual 20 MP + 12 MP dual-LED dan laser autofocus)
    8. Moto Z Force Droid (resolusi layar 1440 x 2560 pixel AMOLED 5 inchi, kamera depan 5 MP LED flash, kamera belakang 21 MP dual-LED flash)
    9. Samsung Galaxy S6 Edge+ (AMOLED)
    10. Sony Experia XZ (resolusi layar 1080 x 1920 pixel IPS-LCD 5,2 inchi, kamera depan 13 MP HDR, kamera belakang 23 MP LED flash dan laser autofocus)

    Lalu, apakah HP dengan Kamera Terbaik hanya mengacu pada benchmark DxoMark ?

    Jawabannya tidak.

    Ada begitu banyak test benchmark selain DxO labs. Salah satunya yang lebih objektif (menurut TeknoPlug) dan lebih independen (diluar konteks bisnis) adalah hasil test benchmark dari Top Ten Reviews.

    Spesifikasi HP Kamera Terbaik Menurut Top Ten Reviews

    Spesifikasi hp kamera terbaik menurut Top Ten Reviews agak bertolak belakang dengan spesifikasi smartphone kamera terbaik menurut DxoMark.

    Proses pengujian HP Kamera Terbaik Di Dunia oleh Top Ten Reviews dilakukan pada smartphone new release untuk berbagai segmen, baik entry level, low end, middle-end dan high-end level dengan mengikutsertakan smartphone yang sudah diuji sebelumnya untuk kemudian ditest lagi bersama ponsel baru dirilis.

    Artinya setiap bulan benchmark dari Top Ten Reviews pada produk-produk yang dirilis oleh perusahaan smartphone pasti berbeda dengan bulan sebelumnya. Selain itu mereka melakukan kompilasi terhadap pengujian dengan sejumlah indikator dan aspeknya, khususnya pada indikator kamera. 

    Spesifikasi HP Kamera Terbaik Menurut Top Ten Review Yaitu :

    1. Kualitas Gambar (Image Quality)
    2. Resolusi kamera (megapixel/MP)
    3. Aperture Siza
    4. Rata-rata frame maksimal video (Max Video Frame Rate)
    5. Tipe/jenis Flash (Flash Type)
    6. Kestabilan optikal gambar (Optical Image Stabilization/OIS)
    7. Resolusi Autofokus Kamera Dapan (Enhanced-Autofocus Front Facing Resolution)
    8. Resolusi Video Kamera Depan (Front Facing Video Resolution)

    #1 HP/Smartphone Kamera Terbaik Ditentukan Oleh Kualitas gambar (image quality) Yang Dihasilkan

    HP kamera terbaik adalah yang bisa menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Kualitas bisa dilihat dari sisi pencahayaan pada gambar dan resolusinya.

    Aspek kualitas gambar (image quality) dipengaruhi oleh faktor sensor kamera. Sensor kamera adalah jantung dari sebuah kamera, khususnya kamera smartphone. Sensor ini bersama Aperture/diafragma/lensa berfungsi mengkonversi cahaya menjadi data digital yang berbentuk foto. Ukuran sensor yang besar atau luas mempengaruhi jumlah cahaya yang diterima dan dikonversi.

    #2 Smartphone Kamera Terbaik 2017 dan HP Kamera Terbaik Di Dunia Ditentukan Resolusi Kamera (Camera resolution)

    Smartphone kamera terbaik adalah yang memiliki resolusi berukuran besar dengan satuan megapiksel (MP).

    Ponsel kamera terbaik dengan resolusi besar (misalnya 8 MP, 13 MP, 16, MP 20 MP hingga 23 MP) memang cukup mempengaruhi hasil gambar. Namun tidak seluruhnya menjadi ukuran mutlak.

    Mengapa ? Karena dipengaruhi faktor luas/besar sensor dan aperture size. Bila sebuah kamera ponsel berukuran 20 MP tapi sensor-nya kecil belum tentu lebih baik daripada HP kamera 8 MP atau 13 MP dengan sensor lebih besar. Selain itu dipengaruhi pula oleh teknik pemotretan, keadaan cahaya dan pengambilan sudut maupun fokus.

    #3 Ponsel Kamera Terbaik Ditentukan Ukuran bukaan lensa/diafragma (Aperture size)

    Nilai/ukuran aperture pada smartphone  ditandai dengan penulisan "f/angka". Sebagai contoh f/2.6 hingga f/1.8. Penulisan tersebut dapat diartikan, bila angkanya lebih besar maka nilai aperture/diafragma semakin kecil. Demikian juga sebaliknya.

    Secara teoritis, bukaan lensa yang lebih besar akan menangkap lebih banyak cahaya yang kemudian diteruskan menuju sensor, dengan kata lain gambar yang diambil dengan settingan aperture besar akan terlihat lebih terang. Ini dengan catatan settingan ISO dan shutter speed-nya sama.

    Secara teori, bukaan lensa yang lebih besar akan memungkinkan lensa menangkap lebih banyak cahaya yang nantinya akan diteruskan menuju ke sensor. Jadi gambar yang diambil dengan settingan aperture besar akan terlihat lebih terang. Sekali lagi, dengan catatan settingan ISO dan shutter speed adalah sama.


    #4 Rata-rata Frame Maksimal Video Dipengaruhi oleh Processor CPU/GPU Sekaligus Menentukan Kualitas HP/Smartphone Kamera Terbaik 

    Frame rate adalah jumlah gambar yang terlihat setiap detik, dihitung dengan satuan fps (frame per second) atau frame per detik. Rata-rata frame maksimal video (Max Video Frame Rate) setiap ponsel berbeda-beda, tergantung standar dari vendor. Tapi umumnya memiliki rataan awal yang sama, pada rentang 24 fps, 60 fps hingga 100 fps dan sangat dipengaruhi oleh kombinasi CPU dan pengaturan grafis GPU.

    #5 Tipe/jenis Flash (flash type) Menentukan Ponsel Kamera Terbaik di Dunia atau tidak.

    Setiap hp kamera terbaik di dunia umumnya sudah menggunakan flash (lampu kilat). Penggunaan flash sangat menguntungkan khususnya untuk pencahayaan. Umumnya smartphone memiliki dua jenis lampu kilat, yaitu flash LED dan Xenon Flash. Flash LED juga telah dikembangkan menjadi dual-LED. Namun berbeda dengan iPhone yang sudah mulai menggunakan teknologi Screen Flash. Pada kebanyakan ponsel, flash ini hanya terdapat pada kamera belakang saja. Namun beberapa hp saat ini juga telah menggunakan flash pada kamera depan.


    #6 Kestabilan optikal gambar (Optical Image Stabilization/OIS) sangat mempengaruhi kualitas gambar, dan secara langsung turut mempengaruhi kriteria hp kamera terbaik di dunia

    Elemen utama pada seluruh sistem stabilisasi optik adalah bahwa alat tersebut menstabilkan gambar yang diproyeksikan pada sensor sebelum sensor mengkonversi gambar menjadi informasi digital.

    Oleh karena itu, OIS menjadi sangat penting untuk menstabilkan gambar yang ditampilkan direkam dengan kombinasi dan variasi jalur optik ke sensor yang diimplementasikan oleh lensa itu sendiri.


    #7 Resolusi autofokus  kamera depan (Enhanced Autofocus Front-Facing Resolution)

    Kemampuan smartphone kamera terbaik di dunia ditentukan oleh teknologi dan jenis autofokus yang digunakan oleh kamera ponsel tersebut.

    Fungsi autofocus atau fokus otomatis dalam smartphone adalah perkembangan dari teknologi fokus dari tipe fixed-focus, sehingga memungkinkan untuk mengambil gambar pada jarak lebih dekat atau gambar makro. Autofocus dipengaruhi oleh cahaya di sekitarnya.

    Terdapat beberapa jenis autofocus pada smartphone kamera, tergantung pabrikasi/produsennya. Jenis autofocus yang digunakan pada HP/Smartphone terbaik di dunia saat ini antara lain Phase Detection Autofocus (PDAF), Laser Autofocus, Hybrid Autofocus (gabungan teknologi Laser Autofocus dan PDAF), serta Dual Pixel Autofocus.

    Pada beberapa hp fungsi autofocus bahkan sudah digunakan untuk kamera depan. Ini menjadi kelebihan dari smartphone tersebut.

    #8 Resolusi Video Kamera Depan (Front Facing Video Resolution) Menentukan Predikat HP/Smartphone Kamera Depan Terbaik

    Resolusi video kamera umumnya digunakan pada kamera belakang saja. Namun saat ini resolusi ini juga telah digunakan untuk kamera depan. Penggunaan kamera depan yang bisa mengambil video sama baik dengan kamera belakang menjadi salah satu indikator hp kamera terbaik di dunia saat ini.

    Daftar Smartphone Kamera Terbaik 2017 - 2018

    Berdasarkan kriteria spesifikasi tersebut, Top Ten Reviews melakukan pengujian terhadap 29 hp canggih dengan kamera terbaik yang beken dan paling dicari sepanjang 2017. Dari 29 hp kamera terbaik di dunia tersebut, Teknoplug menyusun Top Ten Best Camera Smartphone.

    Berdasarkan aspek-aspek pada indikator kamera, berikut adalah Top 10 smartphone kamera terbaik yang benchmark-nya sangat baik dibandingkan hp kamera lainnya. Mengapa 10 smartphone  ini adalah yang terbaik ? Kita lihat uraiannya.

    #1 Samsung Galaxy S8 - HP Android Kamera Terbaik dan HP Dengan Sensor Kamera Terbaik



    smartphone samsung galaxy s8 hp kamera tercanggih

    Samsung Galaxy S8 adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik yang juga masuk dalam daftar smartphone kamera terbaik 2017 versi DxoMark. Selain itu ponsel ini termasuk paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek Samsung Galaxy S8 adalah sebagai berikut :

    • Tahun release April 2017
    • Platform Android 7.0 Nougat
    • Resolusi layar 1440 x 2960, jenis layar AMOLED kerapatan 570 ppi
    • Chipset Snapdragon 835, Processor CPU octa-core 4x2,35 GHz Kryo dan 4x1,9 GHz Kryo, GPU Mali-G71 MP20 - EMEA
    • Spek kamera pada aspek image quality A+, resolusi 16 MP, aperture size 1.7, Max Video Frame Rate (F-stop) 60 fps, Flash Type LED, memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus Phase-Detect, Resolusi Kamera Depan 8 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1440p
    • Skor keseluruhan spek kamera 9,00
    • Harga 8 Jutaan
    Dengan spek kamera untuk tiap aspek yang dimiliki, adalah wajar jika Samsung Galaxy S8 termasuk dalam jajaran ponsel kamera terbaik di dunia saat ini. Resolusi video kamera depan yang cukup besar juga memberikan predikat sebagai hp dengan kamera depan terbaik, sehingga untuk membuat vlog kualitasnya sangat baik. Hal ini menyebabkan Samsung Galaxy S8 adalah hp yang kameranya bagus untuk selfie.

    Di tahun 2018, Samsung Galaxy S8 masih akan menjadi smartphone kamera terbaik paling dicari, dan mungkin saja harganya sudah turun.

    #2 Samsung Galaxy S7 - HP Dengan Kamera Jernih



    smartphone kamera terbaik samsung galaxy s7

    Samsung Galaxy S7 adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek Samsung Galaxy S7 adalah sebagai berikut :

    • Tahun release 2016
    • Platform Android 6.0 Marshmallow
    • Resolusi layar 1440 x 2560, jenis layar AMOLED
    • Chipset Snapdragon 820, Processor CPU octa-cores (4x2,3 GHz Mongoose dan 4x1,6 GHz Cortex-A53), GPU Mali -T880 MP12
    • Spek kamera pada aspek image quality A+, resolusi 12 MP, aperture size 1.7 , Max Video Frame Rate (F-stop) 240 fps , Flash Type LED, memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus dual pixel, Resolusi Kamera Depan 5 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1440p
    • Skor keseluruhan spek kamera 9,25
    • Harga 5 Jutaan
    Galaxy S7 diprediksi masih akan bersaing di jajaran hp dengan kamera terbaik di dunia tahun depan meskipun harganya turun. Bahkan bisa jadi samsung galaxy S7 adalah hp kamera terbaik murah berkualitas. Siapa tau kan ?

    #3 OnePlus 5T - HP Dengan Kamera Selfie Terbaik



    hp kualitas kamera terbaik dan murah adalah oneplus 5T

    OnePlus 5T adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek OnePlus 5T adalah sebagai berikut :

    • Tahun release November 2017
    • Platform Android Nougat 7.1.1
    • Resolusi layar 1080 x 2169p, jenis layar AMOLED, kerapatan 401 ppi
    • Chipset Snapdragon 835, Processor CPU octa-cores (4x2,45 GHZ Kryo dan 4x1,9 GHz Kryo), GPU Mali 540
    • Spek kamera pada aspek image quality A+, resolusi 16 MP + 20 MP (dual camera), aperture size 1.7 , Max Video Frame Rate (F-stop) 120 fps , Flash Type dual LED, memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus Phase-Detect, Resolusi Kamera Depan 16 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1080p
    • Skor keseluruhan spek kamera 9,75
    • Harga 7 jutaan
    Kehadiran OnePlus 5T sebenarnya cukup mengejutkan dengan spek kameranya. Dengan resolusi layar cukup tinggi dan dual camera 16 MP + 20 MP ditambah kamera depan 16 MP menyebabkan predikat salah satu hp dengan kamera depan terbaik wajar disematkan padanya.

    Selain itu dibandingkan pesaingnya di jajaran entry level/new entry maupun high end, harganya tergolong murah, sehingga bisa dikatakan OnePlus 5T adalah salah satu hp kamera terbaik murah berkualitas.

    Meskipun termasuk kategori hp kamera terbaik dan termurah, namun OnePlus 5T belum bisa dikatakan termurah di Indonesia karena bila dirupiahkan masih cukup mahal, alias belum termasuk jajaran hp 3 jutaan dengan kamera terbaik, apalagi hp 2 jutaan.

    #4 OnePlus 3T - HP Dengan Kamera Terbaik Harga Murah



    smartphone kamera terbaru terbaik murah oneplus 3T

    OnePlus 3T adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek OnePlus 3T adalah sebagai berikut :

    • Tahun release November 2017
    • Platform Android 6.0.1 Marshmallow
    • Resolusi layar  1080 x 1920, jenis layar AMOLED, kerapatan 401 ppi
    • Chipset Snapdragon 821, Processor quad-core (2x2,35 GHz Kryo dan 2x1,6 GHz). Prosesor GPU jenis Adreno 530
    • Spek kamera pada aspek image quality A, resolusi 16 MP, aperture size 2 , Max Video Frame Rate (F-stop) 120 fps , Flash Type LED, memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus Phase-Detect, Resolusi Kamera Depan 16 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1080p
    • Skor keseluruhan spek kamera 9,00
    • Harga 5 Jutaan
    Meskipun tidak seperti saudaranya OnePlus 5T, ponsel OnePlus 3T juga cukup layak masuk dalam jajaran smartphone kamera terbaik di dunia saat ini. Harganya juga tergolong murah dibandingkan pesaingnya. Meskipun termasuk kategori smartphone terbaik dan termurah di jajaran entry level, tapi di Indonesia masih belum masuk jajaran hp terbaik 2 jutaan.

    #5 Google Pixel XL, HP Kamera Terbaik Harga 10 Jutaan



    hp kamera terbaik di dunia adalah google pixel xl

    Google Pixel XL adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek Google Pixel XL adalah sebagai berikut :

    • Tahun release 2016
    • Platform Android 7.1 Nougat
    • Resolusi layar 1440 x 2560 pixel , jenis layar AMOLED, kerapatan 534 ppi
    • Chipset Snapdragon 821, Processor CPU quadcores/4 inti (2x2,15 GHz Kryo dan 2x1,6 GHz Kryo). GPU yang digunakan jenis Adreno 530.
    • Spek kamera pada aspek image quality A+, resolusi 12.3 MP, aperture size 2 , Max Video Frame Rate (F-stop) 240 fps , Flash Type dual LED, tidak memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus Phase-Detect dan Laser-Detect (Hybrid), Resolusi Kamera Depan 8 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1080p
    • Skor keseluruhan spek kamera 8,50
    • Harga 10 Jutaan
    Meskipun tidak memiliki mekanisme OIS, kestabilannya terbilang oke untuk urusan dinamisasi. Ini disebabkan teknologi hybrid yang dimilikinya, sehingga kemampuan menangkap cahaya sangat baik menyebabkan hasil jepretan sangat bagus dan bersih. Selain itu pada Google Pixel XL telah tersemat teknologi sensor gyroscope menyebabkan masih mampu merekam video berkualitas baik walaupun keadaan terguncang.

    #6 Apple Iphone 7



    smartphone kamera terbaik 2017

    Apple Iphone 7 adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek Apple Iphone 7 adalah sebagai berikut :

    • Tahun release September 2016
    • Platform iOS 10.0.1
    • Resolusi layar 750 x 1334 pixel , jenis layar IPS-LCD, kerapatan 326 ppi
    • Chipset Apple A10 Fusion, Processor CPU quad-core (2x2,4 GHz Hurricane dan 2x2,4 GHz Zephyr). Processor GP  PowerVR Series 7XT Plus yang memiliki 6 inti grafis.
    • Spek kamera pada aspek image quality A+, resolusi 12 MP, aperture size 2 , Max Video Frame Rate (F-stop) 120 fps , Flash Type Quad-LED, memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus Phase-Detect, Resolusi Kamera Depan 7 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1080p
    • Skor keseluruhan spek kamera 9,25
    • Harga Rp 6 Jutaan
    Walaupun iPhone 7 memiliki resolusi layar 750 x 1334 pixel dan kerapatan 326 ppi (lebih rendah dibandingkan pesaing lainnya) namun kemampuan kameranya masih tergolong tangguh karena menggunakan Quad-LED sehingga mampu memaksimalkan cahaya yang ada. Sayang hp ini tergolong boros, ditambah pengisian daya cukup lama untuk jajaran smartphone high end sehingga menyebabkan aktvitas fotografi dan rekam video sedikit terhambat. 

    #7 Apple Iphone 7 Plus



    hp kamera bagus berkualitas harga murah iphone 7 plus

    Apple Iphone 7 Plus adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek Apple Iphone 7 Plus adalah sebagai berikut :

    • Tahun release September 2016
    • Platform iOS 10.0.1
    • Resolusi layar 750 x 1334 pixel , jenis layar IPS-LCD
    • Chipset Apple A10 Fusion, Processor CPU quad-core (2x2,4 GHz Hurricane dan 2x2,4 GHz Zephyr). Processor GP  PowerVR Series 7XT Plus yang memiliki 6 inti grafiis
    • Spek kamera pada aspek image quality A+, resolusi 12 MP + 12 MP (dual), aperture size 1.8 , Max Video Frame Rate (F-stop) 240 fps, Flash Type Quad-LED, memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus Phase-Detect, Resolusi Kamera Depan 7 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1080p
    • Skor keseluruhan spek kamera 9,75
    • Harga 9 Jutaan
    Sama halnya dengan saudaranya, iPhone 7 Plus memiliki spek kamera cukup baik. Sangat disayangkan salah satu hp dengan kamera terbaik di dunia ini baterainya boros. 

    #8 Apple Iphone 8



    hp kamera terbaik apple iphone 8 memiliki spesifikasi tinggi

    Apple Iphone 8 adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek Apple Iphone 8 adalah sebagai berikut :

    • Tahun release September 2017
    • Platform iOS 11
    • Resolusi layar 750 x 1334, jenis layar IPS-LCD, kerapatan 326 ppi
    • Chipset Apple A11 Bionic, Processor CPU Hexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral), GPU Apple GPU (three-core graphics)
    • Spek kamera pada aspek image quality A+, resolusi 12 MP, aperture size 1.8 , Max Video Frame Rate (F-stop) 240 fps, Flash Type Quad-LED, memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus Phase-Detect, Resolusi Kamera Depan 7 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1080p
    • Skor keseluruhan spek kamera 9,50
    • Harga 10 Jutaan
    Meskipun masih baru, iPhone 8 Plus sudah memiliki penggemar dan menjadi salah satu ponsel kamera terbaik paling dicari tahun ini. Predikat ini diprediksi masih akan bertahan di tahun depan. Ini karena speknya tergolong sangat tinggi, sehingga bisa disejajarkan atau bahkan di atas HTC U11 dan HTC 10 yang merupakan 5 besar hp kamera terbaik di dunia versi DxoMark. 

    #9 Apple Iphone 8 Plus - Smartphone Kamera Terbaik 2017 dan HP Kamera Terbaik Di Dunia



    spesifikasi hp kamera terbaik iphone 8 plus

    Apple Iphone 8 Plus adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek Apple Iphone 8 Plus adalah sebagai berikut :

    • Tahun release September 2017
    • Platform iOS 11
    • Resolusi layar 1080 x 1920 pixels, jenis layar IPS LCD, kerapatan 401 ppi
    • Chipset Apple A11 Bionic, Processor CPU Hexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral), GPU Apple GPU (three-core graphics)
    • Spek kamera pada aspek image quality A+, resolusi 12 MP + 12 MP (dual), aperture size 1.8/2.8 , Max Video Frame Rate (F-stop) 240 fps, Flash Type Quad-LED, memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus Phase-Detect, Resolusi Kamera Depan 7 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1080p
    • Skor keseluruhan spek kamera 10,00
    • Harga 12 Jutaan
    Dengan skor benchmark demikian, jelas iPhone 8 Plus adalah HP Kamera Terbaik Di Dunia.

    Seperti halnya Iphone 8, spek kamera iPhone 8 Plus termasuk gahar dan predikat salah satu smartphone kamera terbaik di dunia wajar disematkan padanya. Spek dan performa fotografi serta rekam videonya tidak diragukan lagi, sehingga layak disejajarkan dengan HTC U11. Ini disebabkan karena dual-camera yang dimilikinya dan flash quad-LED yang cukup mampu memaksimalkan cahaya.

    #10 Apple Iphone X - HP dengan Kualitas Kamera Terbaik



    kamera hp terbaik di dunia iphone x smartphone kamera tercanggih

    Apple Iphone X adalah salah satu hp/smartphone kamera terbaik paling banyak dicari sepanjang tahun 2017. Spek Apple Iphone X adalah sebagai berikut :

    • Tahun release Oktober 2017
    • Platform iOS 11.1.1
    • Resolusi layar 1125 x 2436 pixel , jenis layar Super AMOLED, kerapatan 458 ppi
    • Chipset Apple A11 Bionic,  Processor CPU Hexa-core 2.39 GHz (2x Monsoon + 4x Mistral), GPU Apple GPU (three-core graphics)
    • Spek kamera pada aspek image quality A+, resolusi 12 MP + 12 MP (dual), aperture size 1.8/2.8 , Max Video Frame Rate (F-stop) 240 fps, Flash Type Quad-LED, memiliki kemampuan OIS, Enhanced Autofocus Phase-Detect, Resolusi Kamera Depan 7 MP, Resolusi Video Kamera Depan 1080p
    • Skor keseluruhan spek kamera 9,75
    • Harga 15 Jutaan
    Inilah hp/smartphone Apple terbaru. Speknya tinggi, performanya juga menawan. Dual camera yang dimiliki plus adanya flash quad-LED menyebabkan hasil jepretan kamera belakang sangat bersih dan jelas. Performanya hanya kalah sedikit dibawah iPhone 8 Plus. Selain itu resolusi kamera depan cukup besar sehingga iPhone X juga cukup layak disematkan sebagai salah satu hp kamera depan terbaik.

    Nah, dari uraian spesifikasi hp/smartphone terbaik di dunia berdasarkan pengujian pada indikator kamera berikut aspek/spek-nya bisa kita urutkan bahwa ponsel kamera terbaik saat ini yaitu :

    Urutan Smartphone Kamera Terbaik Di Dunia, HP Terbaik 2017/2018

    1. Apple iPhone 8 Plus
    2. Apple iPhone X
    3. OnePlus 5T
    4. Apple iPhone 7 Plus
    5. Apple iPhone 8
    6. Apple iPhone 7
    7. Samsung Galaxy S7
    8. Samsung Galaxy S8
    9. OnePlus 3T
    10. Google Pixel XL

    Yang pasti 10 Smartphone Kamera Terbaik Saat Ini bukan hp dengan kamera terbaik harga 5 jutaan. Cukup disayangkan memang, dengan spesifikasi kamera canggih di hp tersebut anda harus mengeluarkan cukup banyak biaya. Hal ini tentu saja objektif karena harga biasanya menggambarkan kualitas.

    Lalu, apakah dengan budget kecil anda tidak dapat memiliki hp/smartphone terbaru dengan kamera terbaik dan tercanggih ?

    Tentu saja bisa !

    HP Kualitas Kamera Terbaik Harga Murah-HP Kamera Terbaik Di Bawah 5 Juta


    Tapi kalau anda ingin mendapatkan HP kamera terbaik dan termurah atau harga smartphone kamera terbaik di bawah 5 jutaan yang kameranya bagus untuk selfie, anda bisa memilih hp kamera harga terjangkau menurut TeknoPlug berikut ini.

    Smartphone Kamera Terbaik Harga 4 Jutaan (HP Kamera Terbaik Harga Terbaru)

    • ASUS Zenfone Zoom S, spesifikasinya yaitu Layar: AMOLED 5.5 inches Corning Gorilla Glass 5 Resolusi Layar: 1080 x 1920 pixels, Kamera Belakang: Dual 12 MP, Kamera Depan: 13 MP, Memori Internal: 32/64/128 GB, 4 GB RAM Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB, dual SIM, Baterai: Non-removable Li-Ion 5000 mAh.
    • Oppo F5 6 GB, spesfikasinya Layar: LTPS IPS LCD 6.0 inches, Resolusi Layar: 1080 x 2160 pixels, Kamera Depan: 20 MP, Kamera Belakang: 16 MP, Memori Internal: 64 GB, 6 GB RAM or 32 GB, 4 GB RAM Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot), Baterai: Non-removable Li-Ion 3200 mAh).
    • Vivo V7+, Spesifikasinya Layar: IPS LCD 5.99 inches 18:9, Resolusi Layar: 720 x 1440 pixels, Kamera Depan: 24 MP, Kamera Depan: 24 MP, f/2.0, Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM, Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot), Baterai: Non-removable Li-Ion 3225 mAh
    • Samsung Galaxy A5 (2017), spesifikasinya Layar: Super AMOLED 5.2 inches Resolusi Layar: 1080 x 1920 pixels, Kamera Belakang: 16 MP,  Kamera Depan: 16 MP, Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM, Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot), Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh)
    • Xiao Mi 5s 4/128, spesifikasinya Layar: IPC LCD 5.15 inches Resolusi Layar: 1080 x 1920 pixels, Kamera Belakang: 12 MP, Kamera Depan: 4 MP, Memori Internal: 128 GB, 4 GB RAM (Tanpa Memori Eksternal, Baterai: Non-removable Li-Ion 3200 mAh)

    HP Dengan Kamera Terbaik Harga 3 Jutaan

    Bila anda sangat ingin memiliki hp dengan kamera terbaik harga 3 jutaan, maka smartphone kamera terbaik dengan spesfikasi dan harga terbarunya yang bisa anda dapatkan antara lain yaitu :.
    • Nexus 5X, spesifikasinya Battery Non-removable Li-Po 2700 mAh battery, Ukuran Layar 5.2 inches (~70.2% screen-to-body ratio), Resolusi 1080 x 1920 pixels (~423 ppi pixel density), Storage 32GB, RAM 2GB.
    • Motorola Moto Z Play, spesifikasinya kamera utama 16 MP, kamera sekunder 5 MP, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors Size 5.5 inches, Resolution 1080 x 1920 pixels, microSD up to 256 GB (dedicated slot), Internal 32 GB, 3 GB RAM.
    • Apple iPhone 6s (harga hp paling baru Rp 3.600.000/16GB, spesifikasi Layar LED-backlit IPS LCD, Resolution 750 x 1334 pixels, Size 4.7 inches, Kamera Utama 12 MP, Kamera Sekunder 5 MP, Baterai Non-removable Li-Ion 1715 mAh.
    • Apple iPhone 6s Plus (harga ponsel terbaru Rp 3.850.000/16GB, spesifikasinya spesifikasi Layar LED-backlit IPS LCD, Non-removable Li-Ion 2750 mAh battery, Kamera Utama 12 MP, Kamera Sekunder 5 MP.

      Smartphone Kamera Terbaik Di Bawah 3 Juta dan HP Kamera Terbaik 2 Jutaan

      Bila anda hanya memiliki budget kecil, beberapa smartphone kamera terbaik di bawah 3 juta atau hp kamera terbaik 2 jutaan berikut ini bisa anda dapatkan.

      • ASUS ZenFone 4 Max Pro, Layar 5.5 inci; IPS LCD capacitive touchscreen 720 x 1280 piksel, Memori 3GB RAM; 32GB memori internal, Kamera Belakang Dual 16MP dan 5MP, Kamera Depan 8MP, Baterai 5000mAh
      • Xiaomi Redmi Pro, Layar 5.5 inci AMOLED capacitive touchscreen 1080 x 1920 piksel, Memori 3GB RAM; 32GB memori internal, Kamera Belakang Dual 13MP dan 5MP, Kamera Depan 5MP, Baterai 4050mAh
      • Xiaomi Mi 5X, Layar 5.5 inci; LTPS IPS LCD capacitive touchscreen 1080 x 1920 piksel, Memori 4GB RAM, 32GB memori internal, Kamera Belakang Dual 12MP, Kamera Depan 5MP, Baterai 3080mAh
      • Huawei Honor 6X, Layar5.5 inci; LTPS IPS LCD capacitive touchscreen 1080 x 1920 piksel, Memori 4GB RAM; 64GB memori internal, Kamera Dual 12MP dan 2MP, Kamera Depan 8MP, Baterai 3340mAh.
      • Lenovo K8 Note, Layar 5.5 inci; LCD capacitive touchscreen 1080 x 1920 piksel, Memori 4GB RAM; 64GB memori internal, Kamera Belakang Dual 13MP dan 5MP, Kamera Depan 13MP, Baterai 4000mAh

      Kesimpulan : HP Kamera Terbaik Adalah HP Dengan Spesifikasi Tinggi Dengan Fitur-Fitur Terbaru Dan Tercanggih


      • Smartphone kamera terbaik adalah hp dengan kamera terbaik yang menghasilkan gambar dan video berkualitas tinggi.
      • Smartphone kamera terbaik harus didukung oleh processor dan kartu grafis yang spesifikasinya mumpuni.
      • HP kamera terbaik di dunia memiliki spesifikasi kamera yang mendukung aspek-aspek fotografi seperti halnya menggunakan kamera fotografi DLSR.
      • HP Kamera terbaik 2017/2018 yang disusun rilisnya oleh sejumlah smartphone labs memberikan gambaran spesifikasi dan performanya bila digunakan dalam berbagai aktivitas fotografi dan filming di sejumlah kondisi.
      • Berdasarkan performa dan spesifikasinya, Apple iPhone 8 Plus adalah hp kamera terbaik di dunia 2017.
      • HP dengan spesifikasi kamera canggih 2017 masih menjadi smartphone paling recommended dan layak dicoba tahun ini.
      • Smartphone terbaik 2017/2018 dan hp terbaik di dunia yang memiliki spesfikasi tinggi harganya lebih mahal
      • Sebagai alternatif untuk mendapatkan hp kamera terbaik harga murah, ada banyak pilihan smartphone kamera terbaik mulai harga 4 jutaan, hp dengan kamera terbaik harga 3 jutaan dan smartphone kamera terbaik harga 2 jutaan.


      So, pilih yang mana ? Semuanya adalah smartphone kamera terbaik saat ini (baik menurut Top Ten Reviews dan hp kamera terbaik menurut DxoMark). Untuk membeli salah satunya, anda harus menyiapkan duit yang tidak sedikit. Namun anda tidak akan menyesal untuk membeli salah satu dari hp kamera terbaik di atas. (Kecuali bila anda sengaja menjatuhkannya...hmm..)

      0 Response to "Smartphone Kamera Terbaik 2017-2018 Spesifikasi HP Kualitas Kamera Terbaik Dan Murah"

      Post a Comment

      Note: Only a member of this blog may post a comment.