Aplikasi Browser Terbaik dan Ringan/Aman/Tercepat Di Dunia

Aplikasi Browser Terbaik dan Ringan/Aman/Tercepat Di Dunia


Aplikasi browser terbaik adalah aplikasi browser paling cepat, paling aman, ringan dan membuat nyaman pengguna perangkat dalam memperoleh data dan informasi melalui akses internet. Tanpa menggunakan aplikasi browser terbaik, proses mengakses data internet menjadi tidak maksimal.
Aplikasi Browser Terbaik Internet

Kebutuhan akan akses internet cepat saat ini semakin meningkat. Hal ini disebabkan informasi dan data dalam berbagai aspek kehidupan di planet ini cenderung meningkat dan dinamis, sehingga peran teknologi informatika dalam mendukung informasi cepat juga semakin besar.

Kecepatan akses informasi dipengaruhi oleh banyak faktor. Tetapi secara garis besar, Teknoplug mengelompokkan faktor-faktor tersebut sebagai berikut :

  • Faktor Jenis Perangkat (Komputer PC/Laptop/Desktop, Gadget Smartphone/Tablet)
  • Faktor Hardware dan spek physical/perangkat keras (RAM, OS, processor, Hard Disk)
  • Faktor Software (Aplikasi dan perangkat lunak yang terinstal dalam perangkat)
  • Faktor Jaringan Internet dan Akses Internet
  • Faktor Perilaku Pengguna Perangkat Pelanggan Internet
  • Aplikasi Browser Internet yang digunakan

Baca Juga :


Faktor aplikasi browser atau web browser ternyata cukup mempengaruhi kecepatan akses internet pada perangkat.

Seperti diketahui, rata-rata kecepatan akses internet cepat global Indonesia adalah 6,3 Mbps. Indonesia berada pada posisi 94 di Asia Pasifik, jauh di bawah negara Asia lainnya seperti Korea Selatan, Jepang, Hongkong dan Singapura.

Nah, adanya browser internet dengan teknologi terbaik yang aman, ringan dan tercepat bisa membantu mengakses data dan informasi di internet.

Apa Itu Browser/Aplikasi Browser ? 

Sebelum memilih dan menginstal browser internet di perangkat pahami terlebih dahulu apa itu browser.

Pengertian Web Browser Dan Contohnya

Browser atau Web Browser adalah aplikasi atau software (perangkat lunak) yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Browser atau web browser ini sering juga diistilahkan dengan kata penjelajah web, peramban web, atau penelusur web.

Pengertian lain browser adalah program atau perangkat lunak yang dijalankan pada perangkat komputer maupun gadget agar dapat terhubung dengan internet dan mengakses semua informasi yang dibutuhkan.

Awal Pembuatan Aplikasi Web Browser/Internet Browser yaitu dengan diciptakannya sebuah aplikasi penjelajah WorldWideWeb (WWW) yang berubah menjadi Nexus. Inovasi terbaru berikutnya adalah terciptanya aplikasi Mosaic yang kemudian dikenal dengan nama Netscape. Netscape adalah peramban web paling popular pertama di dunia.

Munculnya Microsoft melalui Internet Explorer menandai era perang peramban web. Penerapan teknologi aplikasi web browser yang awalnya untuk perangkat komputer kemudian berkembang seiring diciptakannya perangkat smartphone yang multifungsi, sebagai perangkat komputer mini, perangkat komunikasi dan perangkat akses internet. Terlebih sejak diakuisisinya Android oleh Google, sehingga pengguna internet yang mengakses data melalui peramban dimanjakan oleh tersedianya aplikasi web browser di smartphone.

Namun tidak semua aplikasi browser tersebut berfungsi optimal di semua perangkat. Dengan kata lain, tidak semua web browser bisa berjalan lancar di semua perangkat Komputer PC Desktop/Laptop dan Gadget Smartphone/Tablet.

Seperti telah dinyatakan di atas, kompatibilitas antara aplikasi web dengan hardware pada perangkat (pc/laptop dan gadget smartphone/tablet) saling mempengaruhi. Menggunakan aplikasi browser yang tidak kompatibel justru menjadi penyebab laptop lemot.

Aplikasi Browser Terbaik dan Ringan, Aman Tercepat Di Dunia Dinilai Oleh Aspek Indikator Berikut


Lalu, apa saja aplikasi browser terbaik yang bisa digunakan dengan nyaman, aman, ringan dan tercepat ? Menurut Top Ten Reviews, beberapa indikator/aspek yang menjadi penilaian terhadap aplikasi browser terbaik adalah sebagai berikut :

Aplikasi browser Terbaik dan Tercepat ditentukan dari nilai Kecepatan (Speed) dan Kesesuaian (Compatibility) antara perangkat lunak dan perangkat keras (perangkat komputer dan speknya).

Aplikasi browser terbaik adalah browser tercepat, ringan dan aman. Ringan dalam artian kapasitas file aplikasi tidak berat, memiliki kemampuan kompresi yang tinggi sehingga mampu melakukan loading data dan mengakses informasi pada sebuah halaman web dengan cepat. Namun dengan catatan jaringan internet dan ketersediaan akses internet tidak bermasalah.


Aplikasi Browser Terbaik dan Ringan Dinilai dari Fitur/Tools Dalam Peramban Web 

Fitur dan tools dalam setiap peramban berbeda-beda. Salah satu fitur yang dimaksud adalah multi tab, yang memungkinkan pengguna bisa membuka sejumlah halaman web secara bersama melalui tab pada browser. Fitur lainnya dalam sebuah browser adalah adanya RSS feed, penyimpanan bookmark dan cookies. Selain itu terdapat opsi pengaturan yang mempermudah pengguna untuk melakukan kustomisasi tampilan.

Aplikasi Browser Terbaik dan Aman Dinilai dari Sistem Keamanan (Security) yang Disediakan Developer Web


Sebuah aplikasi browser terbaik adalah perangkat lunak internet yang mendukung keamanan dan kenyamanan pengguna. Sistem keamanan yang dimaksud ditujukan agar data-data pribadi pemilik perangkat tidak diduplikasi atau dicuri oleh orang lain. Selain itu fitur keamanan juga bisa dilihat dari adanya setting/ pengaturan terhadap upload/download file sehingga memungkinkan data yang diterima benar-benar bersih tanpa malware atau virus yang bisa merusak perangkat. Browser terbaik biasanya menyediakan pengaturan pop up blocker, anti malware, anti spyware, ads blocker. Semuanya itu demi keamanan dan kenyamanan pengguna.

Aplikasi browser Terbaik dan Ringan/Aman/Tercepat ditentukan oleh Layanan Help And Support Dari Developer

Salah satu keunggulan Aplikasi Browser Terbaik adalah disediakannya layanan Help and Support oleh developer. Layanan ini sangat membantu para pengguna untuk mengatasi keluhan, komplain serta menambah pengalaman pengguna (user experience) dalam menggunakan peramban. Adanya layanan terhadap keluhan dan komplain akan membantu developer meningkatkan kualitas aplikasinya melalui perbaikan dan rilis fitur/tools terbaru.

Aplikasi Browser Terbaik dan Ringan/Aman/Tercepat Di Dunia Paling Recommended

Nah, berdasarkan aspek tersebut, berikut ini adalah aplikasi browser terbaik dan ringan, aman dan tercepat paling recommended versi Teknoplug sehingga memanjakan pengguna perangkat dalam mengakses data informasi internet secara optimal.

1. Mozilla Firefox
Aplikasi Mozilla Firefoz adalah aplikasi browser terbaik dalam mengakses internet. Ini karena Mozilla memiliki fitur-fitur dan adds on yang sangat mendukung, seperti multi tab. Selain itu, kompatibilitas Mozilla sangat tinggi sehingga mendukung sejumlah aplikasi pihak ketiga dalam bentuk adds on atau aplikasi berbasis web bisa dipasang di perangkat tersebut. Selain dalam bentuk desktop, Mozilla juga sudah memiliki aplikasi android. Kelebihan Mozilla untuk smartphone adalah kecepatan aksesnya tinggi dan ringan.

2. Chrome
Chrome atau Google Chrome adalah aplikasi web browser milik Google. Perusahaan raksasa Google bukan hanya andal dalam mengakuisisi sejumlah aplikasi start up dan search engine, tapi juga menciptakan aplikasi browser terbaik. Salah satu kelebihan Google Chrome adalah kompresi data yang sangat mumpuni sehingga pengoperasiannya sangat ringan dan loadingnya cepat. Seperti halnya Mozilla, Chrome sudah memiliki aplikasi android yang juga ringan dan kecepatan loading tinggi karena kompresinya.

3. Opera
Opera adalah aplikasi browser yang sangat ringan dan kecepatan loading yang tinggi. Seperti halnya Google Chrome, peramban Opera versi terbaru mampu mengkompresi data. Opera sudah memiliki aplikasi untuk smartphone dalam wujud Opera Mini, jauh sebelum Google Chrome versi android dirilis. Sejak jaman OS Symbian aplikasi Opera Mini telah dibuat untuk mengakses internet.

4. Yandex
Aplikasi Yandex adalah salah satu web browser paling ringan dengan kemampuan kompresi data yang cukup tinggi. Selain itu browser Yandex versi Android memiliki aplikasi pop up blocker sendiri, sehingga setiap laman web yang diakses memunculkan ads pop up secara otomatis sudah terblokir. Ini menyebabkan pengguna menjadi aman dan nyaman. Kelebihan Yandex yang lain adalah adanya web master tools.

5. Baidu Browser
Baidu adalah web browser besutan Cina. Baidu cukup dikenal karena ringan dan loadingnya cepat. Sekilas tampilannya mirip Google Chrome. Keunggulan Baidu yang lainnya adalah adanya aplikasi anti virus dan pop up blocker yang disemat di dalam browser sehingga pengguna bisa mengakses/loading data dengan cepat dan aman.

Itulah Aplikasi Browser Terbaik dan Ringan/Aman/Tercepat di Dunia setidaknya menurut pengalaman admin Teknoplug dalam menggunakan browser tersebut di perangkat PC maupun Android. Yang perlu diperhatikan adalah, bahwa setiap developer dan pihak ketiga selalu berupaya menciptakan aplikasi browser terbaru namun pastikan kesesuaian aplikasi tersebut di perangkat yang dimiliki.

0 Response to "Aplikasi Browser Terbaik dan Ringan/Aman/Tercepat Di Dunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.