Tips Terbaru Cara Mengatasi Laptop Lemot Lambat di Windows

Apakah laptop kamu sering lemot saat sedang internetan atau browsing dan mudah panas bahkan sering mati sendiri ? Keadaan ini pasti sering bikin kamu ill fill apalagi bila laptop sudah sering instal ulang tapi laptop masih loading lambat. Namun jangan khawatir, kamu bisa coba trik berikut ini untuk mengatasi laptop lemot.


cara mengatasi laptop lemot

Untuk mengatasi laptop lemot, laptop mudah panas, atau laptop hang maka terlebih dahulu mengetahui apa penyebabnya. Apa penyebab laptop lemot akan mempermudah kita mencari solusi dan cara mengatasi laptop lemot. Salah mengetahui apa penyebab laptop lemot akan menyebabkan penyakit laptop yang mudah panas dan hang tersebut berakibat lebih fatal.

Kesalahan utama para pengguna yang sering mengalami lemot pada laptopnya adalah karena asal membeli laptop tanpa mengetahui spesifikasi perangkat yang sesuai dengan kebutuhannya, tergiur dengan desainnya dan dikasih harga murah plus bonus. 

Apa itu Komputer / Laptop Dan Cara Kerja Komputer

Laptop adalah salah satu jenis komputer PC (personal computer) atau home computer. Pada beberapa tempat orang sering menyebut istilah laptop dengan kata netbook.

Perangkat dan komponen laptop sama dengan komputer desktop, baik hardware-nya maupun softwarenya.

Perbedaan komputer dengan laptop antara lain :

  • Komputer desktop terdiri dari beberapa perangkat keras terpisah, sementara laptop seluruh perangkatnya menyatu dalam satu case atau box.
  • Laptop menggunakan baterai, sementara komputer desktop harus langsung terhubung ke sumber listrik agar bisa dinyalakan.


Ciri-Ciri dan Penyebab Laptop Lemot

Ya, supaya bisa mengatasi laptop lemot dengan hasil yang diharapkan (tidak lemot lagi), tentu saja kamu harus tahu dulu penyebab kenapa laptop kamu lemot. 

Ciri-ciri dan penyebab laptop lemot sangat bisa dilihat dan dirasakan khususnya bagi laptop yang menggunakan platform OS Windows 7, 8, 10. Hal ini sering terjadi karena komputer PC dan laptop adalah perangkat komputer yang bisa dirakit secara mandiri baik oleh pengguna maupun dari toko. 


Ciri-Ciri Laptop Komputer Lemot

  • Komputer / laptop cepat panas saat browsing atau sedang main game
  • Laptop sering not responding
  • laptop sering mati sendiri, dan saat dihidupkan jadi lambat loadingnya
  • Laptop sering restart sendiri 
  • Menjalankan software atau sedang online di laptop terasa berat
Lalu apa penyebab laptop lemot ?
 
Penyebab laptop lemot biasanya disebabkan karena ketidaksesuaian spesifikasi perangkat, ketidakcocokan tegangan listrik sehingga menimbulkan kerusakan pada sirkuit atau komponen, serta perawatan yang tidak teratur. 

Penyebab Laptop Lemot Karena Ketidaksesuaian Spesifikasi Perangkat :

  • Motherboard. Motherboard adalah media elektronika yang menjadi tubuh dan tempat di mana sejumlah komponen di tanam, misalnya processor (CPU dan GPU). Motherboard terdiri dari elemen-elemen dan sirkuit ekoletronik yang mudah terbakar bila kelebihan suhu atau terjadi korsleting listrik. Bila socket dan chipset tidak sesuai dengan processor akan menjadi penyebab menurunnya performa laptop meskipun spesifikasi prosesornya tinggi. Cara supaya laptop tidak hang adalah dengan memilih laptop yang motherboard, chipset dan socketnya kompatibel dengan processor (atau sebaliknya). 
  • Processor Chipset/ CPU/GPU yang tidak kompatibel dengan chipset dan socket motherboard serta kecepatan processor yang rendah berpotensi menurunkan performa processor dan menjadi penyebab laptop menjadi lemot. Selain itu processor yang cepat panas dan tidak tahan suhu tinggi menyebabkan clockspeed menurun. Kecepatan akses memori yang melambat berdampak pada penyebab komputer lemot. Model prosesor AMD FX-Series dan model-model Intel processor sudah memiliki daya tahan terhadap temperatur tinggi. 
  • Memori penyimpanan (storage/hard drives) sudah usang atau rusak akan membuat proses loading data yang dilakukan oleh 'kaki tangan' hard disk menjadi lebih lama. Waktu loading yang lama ini adalah situasi dimana kinerja laptop menurun dan akhirnya menjadi penyebab komputer lemot. Laptop yang menyediakan memori penyimpanan minimal 500 GB sudah cukup baik agar laptop tidak hang atau lemot. 
  • RAM processor kecil sehingga tidak mampu menjalankan operasi-operasi berkapasitas memori yang besar sehingga secara keseluruhan laptop menjadi lambat. Cara biar laptop tidak lemot maka pilihlah laptop yang RAM processornya minimal 4 GB.
  • Kipas pendingin yang tidak kompatibel dengan processor menyebabkan processor cepat panas. Bila processor cepat panas akan akan mempengaruhi laptop karena laptop ikut panas. Bila panas berlebih maka akan terjadi overheating, sehingga pada saat pengguna mengoperasikan sejumlah software yang terjadi adalah hang. Cara agar laptop tidak lemot belilah laptop yang model processornya sudah tahan panas seperti umumnya processor Intel atau AMD processor model FX-Series. 
  • Operating System (OS) atau Sistem Pengoperasian yang tidak kompatibel dengan processor dan RAM, serta adanya file OS yang rusak saat instalasi sudah pasti menjadi salah satu faktor utama penyebab laptop lemot. Tidak percaya ? Coba saja instal OS Windows 10 di laptop yang RAM-nya cuma 2 GB sementara speed processornya cuma 1,6 GHz. Sudah pasti hang lah laptopmu kalau menjalankan game Corel Draw sambil browsing. 
  • Software dan Aplikasi yang spesifikasi minimalnya tidak kompatibel dengan spesifikasi processor, RAM, OS dan memori sudah pasti bakal menyebabkan laptopmu lemot. 
  • Komponen-komponen lainnya ada yang rusak
  • File Cache dan temporary file menumpuk menjadikan laptopmu akan lebih lambat dari biasanya
  • Virus yang tersembunyi dalam file dan OS yang tidak pernah dibersihkan

Komponen-komponen di atas adalah komponen utama beroperasinya komputer. Tapi bila anda sudah terlanjut beli, tips mengatasi laptop lemot berikut ini bisa membantu.

Cara Mengatasi Laptop Lemot


Untuk mendapatkan laptop terbaik, performa mumpuni, tidak cepat panas dan hemat daya maka anda perlu memperhatikan spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivtas anda.

Maka wajar saja ketika sedang mengoperasikan suatu aplikasi atau beberapa software kemudian laptop menjadi lambat, karena beberapa komponen spesifikasinya tidak sesuai dan tidak kompatibel.

Spesifikasi Laptop Yang Perlu Diperhatikan


Ciri-ciri laptop lemot biasanya cepat panas dan mudah lag atau hang. Membawanya ke counter service laptop mungkin bisa jadi sementara. Tapi bila tidak diketahui penyebabnya, laptop tetap akan lemot dan bahkan akan terjadi kerusakan.

Seperti telah disinggung sekilas, komponen utama dan spesifikasi laptop yang perlu diperhatikan saat membeli laptop adalah platform OS/Operating System (Sistem Pengoperasian), Processor laptop, kartu grafis, memori/RAM, penyimpanan/storage, komponen-komponen pendukung multimedia dan kemampuan multi tasking. Selain itu yang perlu diperhatikan lagi yaitu dari aspek eksternal, misalnya software/aplikasi yang diinstal dan perilaku pengguna serta koneksi internet.

#1 Cara Mengatasi Laptop Lemot Karena Sistem Operasi (OS)


Mengatasi laptop lemot bisa dilakukan pada semua jenis perangkat komputer laptop dan semua OS, baik OS Windows maupun sistem pengoperasian lainnya selain Windows. 

Seperti yang diketahui, OS yang paling banyak digunakan saat ini adalah OS berplatform Windows yaitu Windows 7, Windows 8 serta yang terbaru adalah Windows 10.

Lalu bagaimana langkah mengatasi laptop lambat supaya kinerjanya menjadi optimal dan ngebut ? Berikut akan dijelaskan cara mengatasi laptop yang lemot/lambat tanpa perlu instal ulang.   

Bila OS laptop mengharuskan spesifikasi tertentu, maka pertimbangkan untuk memiliki laptop dengan syarat yang diharuskan. Bila memaksakan OS diinstal dan dijalankan pada laptop dengan spek standar justru menyebabkan performanya tidak optimal dan sejumlah aplikasi tidak berjalan. Mengatasi laptop lambat karena OS Windows dapat dilakukan dengan upgrade OS tersebut atau sekalian saja instal ulang sistem operasinya.


Cara Mengatasi Laptop Lemot OS Windows 7, Windows 8, Windows 10


  • Gunakan OS Windows yang asli

Kelebihan menggunakan software OS yang asli adalah kemungkinan kerusakan sangat kecil ketika sudah terinstal. Selain itu menggunakan software asli berarti kita patuh pada Undang-Undang


  • Update software instalasi OS Windows sesuai pilihan waktu yang diberikan secara online


Mengupdate software secara rutin sesuai pilihan waktu akan memberikan keuntungan lebih, karena setiap update biasanya ada fitur-fitur yang diperbaharui. Semakin baik OS maka kemungkinan lemot bisa diminimalisir (dengan catatan komponen perangkat lainnnya juga harus kompatibel spesifkasinya)


  • Upgrade OS Windows-mu bila OS yang lama tidak kompatibel lagi. 

Mengupgrade OS Windows versi terbaru jelas lebih menguntungkan. Setiap OS Windows versi terbaru pastilah sudah memperbaiki kekurangan-kekurangan versi sebelumnya. Misalnya kamu mau pakai software Corel Draw terbaru yang mensyaratkan OS Windows 10 sementara laptopmu masih Windows 7, maka upgrade saja OS-nya menjadi OS Windows 10. 


  • Downgrade OS Windows 


Downgrade OS memberikan keleluasan dan lebih ringan. Misalkan kamu menggunakan OS Windows 10 tapi karena kapasitasnya lebih besar yang berakibat pada laptop jadi lemot plus fitur-fitur Windows 10 tidak kamu pahami, maka sebaiknya downgrade saja Windowsnya jadi Windows 7 atau Windows 8.



Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7

Cara mengatasi laptop lemot windows 7 adalah dengan memastikan software Sistem Operasi pada Windows 7 tidak memiliki kerusakan, termasuk seluruh aplikasi dan software yang kompatibel dengan windows 7. 

Instalasi Windows 7 mengharuskan syarat minimal yang harus disediakan oleh laptop. Oleh karena itu untuk menggunakan OS 7 pada laptop, pastikan spek perangkat keras laptop mendukung berjalannya Windows 7. 

Ada sejumlah aplikasi yang tidak bisa dijalankan pada windows 7. Sebelum mengambil tindakan, ketahui terlebih dahulu informasi software tersebut di paket instalasi, apakah memang mengharuskan OS Windows 7 atau tidak. Dapatkan juga informasi melalui pengalaman para pengguna di forum diskusi. 

Bila sudah mengetahui kemudian bisa ditentukan apakah mengganti software tersebut dengan software lain yang fungsinya serupa. Bila ternyata software tersebut support, berarti ada masalah pada Windows 7. Mungkin pada saat instalasinya tidak sesuai petunjuk instalasi. 

Sejumlah OS seperti OS Windows 7 bisa saja disusupi virus sehingga beberapa komponen OS tidak berjalan. Komponen yang rusak dan tidak berjalan ini menyebabkan menurunnya kinerja laptop. Bila sudah terlanjur membeli dan menginstal paketan software yang berharga mahal, maka sebaiknya upgrade sistem operasi. 

Cara Supaya Laptop Windows 8 Tidak Lemot

Cara supaya laptop Windows 8 tidak lemot hampir sama dengan mengatasi laptop lambat pada Windows. 

Seperti halnya Windows 7, Windows 8 memiliki spesifikasi minimal komponen laptop agar Windows 8 bisa dijalankan. Pastikan menginstal OS dengan syarat minimal yang diharuskan. Bila kemudian laptop masih berjalan lambat, kemungkinan lainnya karena software yang diinstal tidak support Windows 8. 

Gantilah software dengan fungsi sejenis support Windows 8. Bila masih berjalan lambat, kemungkinan lainnya ada virus yang menempel pada sistem OS. Lakukan scanning dengan antivirus dan lakukan tindakan. Lakukan upadate berkala terhadap OS agar mendapatkan fitur-fitur terbaru. 


Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Cara mengatasi laptop lemot Windows 10 harus cukup hati-hati, karena OS Windows 10 masih cukup awam pada sebagian orang. 

Tidak berbeda dengan Windows 7 dan Windows 8, Windows 10 juga memberikan syarat minimal untuk menginstalasi OS ini sehingga dapat beroperasi dengan lancar. Syarat minimal instalasi Windows 10 antara lain RAM minimal 1 Gb, hardisk 16 Gb, kartu grafis support API directX 9 ke atas. 

Ada sejumlah perangkat lunak yang bisa dijalankan di OS Windows 10, namun ada juga yang tidak. Oleh karena itu jangan paksakan menggunakan software yang tidak support OS 10 karena aplikasi tersebut tidak akan berjalan. Instal aplikasi sejenis yang support. 

Bila software tersebut memang support Windows 10, maka lakukan scanning dan tindakan pembersihan virus, kemungkinan ada virus menyusup dalam sejumlah folder dan file OS tersebut. Lakukan update rutin terhadap OS.

#2 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Not Responding Karena Processor dan RAM 


Sebelum anda membeli laptop, carilah laptop yang spesifikasi processor dan RAM-nya mumpuni. Processor dengan spesifikasi tinggi adalah yang memiliki clock speed tinggi minimal 3,0 GHZ serta memiliki fitur Turbo Boost. Selain itu juga menyediakan RAM besar minimal 4 GB.

Contohnya bila saat ini anda menggunakan laptop yang RAM processor-nya cuma 2 GB tapi masih tersedia satu slot kosong lain, maka anda bisa menambah kekosongan tadi dengan 2 GB lagi hingga total sekarang menjadi 4 GB. Tentunya RAM yang sudah 4GB cukup bisa mengoperasikan banyak aplikasi. Tapi jangan lupa kalau speed RAM atau speed processor juga berpengaruh. Semakin tinggi speed-nya maka kecepatan akses memorinya juga tinggi sehingga laptop juga menjadi lebih cepat.


Cara Agar Laptop Tidak Lemot Karena Processor dan RAM

  • Pastikan motherboard dan processor laptop anda sudah dual memory/dual channel. Ini supaya kapan saja kamu merasa laptopmu sudah melambat, kamu bisa mengupgrade RAM-nya atau menambah RAM yang tersedia pada slot yang tersisa. 
  • Namun bila processor dan motherboard anda cuma single memory (memori tunggal) maka mau tidak mau anda memang harus mengganti processor yang ada tersebut menjadi lebih tinggi. Misalnya RAM laptop cuma 2 GB, maka anda harus mengupgrade-nya dengan membeli processor yang RAM-nya sudah 4GB, atau sekalian saja 8GB.


#3 Mengatasi Laptop Hang dan Cepat Panas Karena VGA Card 


Kenapa laptop lemot ? Salah satunya karena VGA. Bisa karena VGA card-nya masih onboard, atau sudah menggunakan prosesor GPU tapi sudah rusak.

Saat sedang main game dengan VGA onboard yang grafisnya rendah, atau menggunakan GPU Processor dan kartu grafis yang spesfikasinya rendah menyebabkan tampilan gambar sangat buruk, patah-patah dan pecah. Bila dipaksakan beroperasi justru menyebabkan laptop hang. Cara upgrade laptop bisa melakukan optimalisasi pada VGA card-nya.

Cara Mengatasi Laptop Hang Pada VGA Card/GPU Processor

Cara mengatasi laptop hang bisa dilakukan dengan mengganti atau menambah VGA Card. Beberapa alternatif yang bisa dilakukan yaitu :

  • Menambah kartu grafis sehingga VGA onboard bisa lebih leluasa kinerjanya, processor juga bisa bekerja optimal dan grafis menjadi lebih baik. 
  • Mengganti kartu grafis dengan spesfikasi lebih tinggi, misalnya graphic card yang dibekali kapasitas 2 GB. Kartu grafis terbaik biasanya ada pada AMD processor dan nVidia. 

#4 Cara Mengatasi Laptop Lambat dan Panas Karena Hard Disk

Penyebab laptop lemot bisa karena Hard Drives atau hard disk (memori penyimpanan) yang terlalu kecil, atau hard disk sudah penuh. Dapat juga terjadi karena sudah rusak.

Banyaknya file yang tersimpan dalam hard disk laptop sangat mempengaruhi kecepatan data oleh prosesor. Ini disebabkan karena hard disk memiliki lengan mekanik untuk menulis dan membaca data di atas piringan magnetik.


Trik lain cara mengatasi laptop lemot Karena Hard Disk adalah :


  • Mengganti hard drives yang sudah rusak 
  • Mengupgrade atau mengganti storage yang kapasitasnya lebih besar, misalnya 500GB ke atas. 
  • Bila kamu belum punya uang untuk mengganti yang lebih besar, maka kamu bisa mengatasi laptop yang lambat dengan cara defrag laptop, sehingga ruang penyimpanan bisa bernafas. 
  • Menggunakan SSD (Solid State Drive). SSD adalah teknologi termutakhir dari USB Flash disk dengan kapasitas penyimpanan jauh lebih besar. SSD bisa menggantikan peran hardisk. Sementara SSD merupakan microchips, yang fungsinya hanya menyimpan saja.


#5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Install Software Ringan Yang Support dan Uninstall Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Komputer lambat umumnya sering terjadi karena menginstal software yang terlalu banyak. Menginstal banyak aplikasi tapi frekuensinya jarang digunakan menyebabkan pemakaian memori menjadi sia-sia. Banyaknya aplikasi yang diinstal terlebih bila kapasitas filenya besar membuat laptop berjalan lambat


Solusi Laptop Lemot Pada Software dan Aplikasi antara lain yaitu : 

  • Instal perangkat lunak yang sesuai dengan spek hardware dan OS 
  • Pertimbangkan apa saja software yang perlu diinstal sesuai kebutuhan. Cari referensi aplikasi tersebut apakah mengharuskan spek laptop dan OS tertentu sebelum download aplikasi atau sebelum terlanjur membeli. Contohnya, bila lebih sering menggunakan software Corel Draw maka sebaiknya uninstal software sejenis seperti Photoshop karena fungsinya sama. 
  • Bila ada software dengan kegunaan yang sama dan fitur sama baiknya namun filenya besar, maka carilah software dengan fungsi sama tapi lebih ringan.
  • Untuk mengatasi laptop loading lama sebaiknya hapus (uninstal) saja aplikasi yang jarang digunakan. 


Tindakan ini merupakan cara mengatasi notebook lemot yang cukup efektif karena sejumlah ruang yang terpakai oleh aplikasi tidak terpakai tadi memberikan keleluasaan bagi aplikasi lain. 


#6 Cara Mengatasi Laptop Lemot Karena Aplikasi Yang Tidak Digunakan dan Multi Task


Membuka beberapa program atau aplikasi secara bersamaan akan menyebabkan proses data dan pemakaian memori menjadi meningkat. Untuk mengatasi laptop loading lama karena aplikasi yang terbuka tapi tidak digunakan, maka sebaiknya tutup saja aplikasi lain.

Cara Mempercepat Laptop Dengan Menutup Aplikasi Multi Tasking

  • Lihat pada toolbars di layar notebook kamu. Di situ akan terlihat ikon-ikon aplikasi yang sedang terbuka. Close (tutup) lah aplikasi-aplikasi yang terbuka tapi tidak digunakan tersebut. Setelah menutupnya, laptop kamu akan lebih cepat dengan cara merefresh laptop
  • Cara merefresh laptop cukup mudah. Masuklah pada start up windows (layar monitor tanpa aplikasi), lalu klik kanan mouse kamu dan pilih Refresh. Cara merefresh paling mudah juga bisa dilakukan dengan menekan tombol F5 di keyboard.

#7 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Lemot Saat Internetan 


Sering sekali terjadi laptop cepat panas saat sedang internetan dan browsing bahkan sedang main game online.

Cara mengatasi laptop cepat panas dan lemot saat internetan adalah menutup sejumlah tab browser. Software yang paling sering digunakan untuk internetan dalam laptop adalah browser. Sejumlah browser memiliki fitur multi tab. Fitur tersebut memungkinkan membuka tab laman situs dalam jumlah banyak secara bersamaan.

  • Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Internetan Dengan Menutup Multi Tab


Membuka multi tab dalam waktu bersamaan apalagi bila didalamnya terdapat aplikasi web seperti video online, video streaming, live streaming berdampak pada kinerja laptop.

Selain berjalan lambat, laptop menjadi cepat panas dan hang. Untuk mengatasi laptop cepat panas dan hang saat internetan cukup mudah, yaitu dengan menutup tab laman yang tidak perlu. Selain itu gunakan aplikasi browser terbaik dan tercepat.

  • Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Internetan Dengan Menghapus Cache

Cache adalah sisa aktivitas internet sebelumnya. Saat ini umumnya aplikasi browser internet menggunakan fitur cache. File cache yang menumpuk bisa membuat laptop menjadi lambat saat internetan menggunakan browser. Menghapus cache adalah cara mengatasi laptop lemot yang cukup efektif saat internetan.

#8 Cara Mengatasi Laptop Lambat Karena Virus Dan Junk Files


Perlu diketahui bahwa aktifitas menggunakan perangkat baik offline maupun online sangat potensial menyebarkan virus dan malware. Virus yang menyusup dalam jaringan sistem baik OS, file dan folder maupun software sangat menghambat kinerja laptop karena virus menahan dan merusak sebagian atau seluruh sistem tersebut.

Junk files atau file sampah adalah file yang bersifat temporary. Setiap penggunaan software maupun aktivitas online akan menyisakan sampah. Umumnya folder sampah ini terdapat pada drive C (partisi penyimpanan file untuk berjalannya program dan dokumen default). File ini bila dibiarkan menumpuk menyebabkan laptop menjadi lambat.

Cara mengatasi malware di laptop yaitu :

  • Lakukan scanning malware dengan rutin untuk mengetahui keadaan file dan folder, OS dan software dalam laptop masih aman atau sudah diserang virus dan malware. 
  • Gunakan antivirus terbaik dan ringan. Jangan lupa lakukan update antivirus rutin. Antivirus terbaik yang biasa digunakan antara lain AVG. Update antivirus sangat membantu mempercepat kinerja laptop.
  • Cara mengatasi laptop lambat karena junk files adalah dengan menghapus file dalam folder cache cukup menekan tombol delete pada keyboard. Cara lainnya adalah dengan menggunakan software seperti CC Cleaner atau Baidu Antivirus.


#9 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mengganti Sejumlah Hardware dan Software Yang Rusak


Cara mengatasi laptop loading lama berikutnya yaitu mengganti sejumlah hardware dan software yang rusak atau usang. Tanpa disadari, sejumlah aktifitas menggunakan laptop sering menyebabkan kerusakan. Hard disk merupakan perangkat keras komputer yang paling sering rusak. Selain itu motherboard dan beberapa komponen lain mudah terbakar. Motherboard dan komponen-komponen laptop merupakan komponen elektronik yang mudah terbakar atau mengalami korsleting. Kerusakan-kerusakan ini menghambat sejumlah proses dalam laptop.

#10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Tools Mempercepat Loading 


Cara mengatasi laptop lemot bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau software/tools untuk mempercepat loading serta tidak mudah panas apalagi hang.

Ada banyak aplikasi atau software maupun tools pihak ketiga yang bisa kamu download dan instal di laptop. Penggunaan Anti Virus yang smart dan ringan sebenarnya sudah cukup membantu untuk mengurangi beban loading laptop. Begitu juga dengan CC Cleaner yang berfungsi untuk membersihkan file-file.

Tools mempercepat loading laptop/komputer lainnya yang bisa digunakan antara lain Comodo System Cleaner, Advance SystemCare, nCleaner Second, Glary Utilities, dan Ashampoo WinOptimizer.

Kesimpulan : Cara Mengatasi Laptop Lemot, Mudah Panas, Hang dan Not Responding Adalah Mengganti dan Mengupgrade Komponen Yang Spesifikasinya Mumpuni


Mengatasi laptop lemot Windows 7, Windows 8, Windows 10 bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Apalagi kalau lelet tersebut berdampak pada produktivitas, akan menimbulkan citra buruk baik bagi pengguna maupun karyanya. Sebelum mengatasi masalah pada laptop, kenali terlebih dahulu perangkat dan cara kerja komputer . Instal ulang komputer dan melakukan reset laptop adalah alternatif terakhir.

0 Response to "Tips Terbaru Cara Mengatasi Laptop Lemot Lambat di Windows"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.