Daftar Urutan Prosesor HP/Smartphone CPU/GPU Tercepat Terbaik

Daftar Urutan Prosesor HP/Smartphone CPU/GPU Terbaik Tercepat

Processor atau prosesor CPU dan GPU adalah bagian wajib dan sangat penting dalam perkembangan teknologi smartphone. Kualitas prosesor atau biasa juga disebut CPU (Central Processor Unit) yang berkualitas akan membuat performa smartphone dan tablet menjadi sangat baik.

daftar urutan prosesor hp dan gpu

Teknologi pengolah grafis bukan hanya dikembangkan di PC, tetapi juga mobile. Pada dasarnya processor CPU dan GPU memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai otak dari seluruh kerja perangkat sistem dan aplikasi di PC dan smartphone. Yang membedakan adalah CPU pada PC lebih fokus pada fungsi perhitungan. Sementara pada gadget fungsinya adalah mengontrol memori, grafis, sound dan CPU itu sendiri.

Khusus untuk perangkat mobile, prosesor hp/smartphone android terbaik sangat mendukung sejumlah aplikasi pihak ketiga, karena mengharuskan detil grafis tinggi, sound jernih dan powerful, mendukung internet cepat 4G LTE dan penggunaan daya yang hemat.

Baca Juga :

Prosesor/CPU HP/Smartphone Android Terbaik Saat Ini Di Dunia

Tingkatan/Urutan Processor/CPU Intel Dari Awal Hingga Sekarang 

Jenis-Jenis Processor Komputer PC/Laptop dan CPU/GPU Untuk HP/Smartphone

Urutan Procesor AMD dan Processor AMD Terbaru Untuk Desktop/Laptop



Apa Itu Processor 

Prosesor adalah sebuah IC atau chip yang biasa juga disebut microprocessor. Fungsinya adalah mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai otak atau pusat dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

CPU tersemat pada socket yang telah disediakan oleh motherboard. Kecepatan komputer tergantung pada kecepatan prosesor. Saat ini satuan atau ukuran kecepatan CPU atau microprocessor sudah mencapai GHz (Giga Hertz).

Bagian terpenting sebuah CPU terdiri atas Artimatics Logical Unit (ALU), Control Unit (CU), dan Memory Unit (MU).

Pada gadget smartphone dan tablet, chip processor ini lebih dikenal dengan istilah SoC (System on a Chip) artinya chip silikon tersebut memuat seluruh komponen.

Sejumlah produsen smartphone dunia maupun lokal telah menjadikan CPU dan GPU sebagai bagian penting dan tak terpisahkan. Setiap produsen menggunakan CPU dan GPU yang berbeda-beda untuk setiap produk andalannya.

CPU dan GPU terbaik tidak dapat hanya dilihat dengan tampilan saja, tapi juga performa. Untuk mengetahui mana processor terbaik harus memperhatikan core, teknologi yang digunakan dan pemakaian atau konsumsi sumber dayanya. Selain itu processor terbaik adalah CPU tercepat, artinya CPU bisa menjalankan semua perintah aplikasi dan sistem dengan cepat.

Tidak jarang gadget berprosesor dual core bisa mengalahkan gadget yang processornya quad core atau bahkan octa core. Mengapa ? Karena trik masing-masing produsen dalam mengkombinasikan gadgetnya dengan prosesor berbeda-beda.

Banyaknya gadget yang ditanam dengan processor berbeda-beda dengan kelebihan masing-masing menyebabkan konsumen bingung untuk memilih mana smartphone terbaik yang harus digunakan.


Jenis Prosesor CPU Terbaik/Tercepat Yang Banyak Digunakan Pada HP/Smartphone


Intel (Intel Atom)
Prosesor Intel saat ini menjadi salah satu prosesor handal dan sering dijadikan paket bundling produk-produk gadget dari produsen ternama seperti Lenovo dan Asus.

Prosesor ini menawarkan kinerja yang sangat baik. Keunggulan utama prosesor Intel Atom adalah adanya teknologi thread yang bisa membuat CPU dual core seolah-olah memiliki empat inti (quad core).

Snapdragon (Qualcomm Snapdragon)

Chipset atau SoC yang dikembangkan oleh Qualcomm ini adalah jenis chipset terkenal dan paling banyak digunakan di smartphone high-end (kelas atas). Keunggulan chipset produksi Qualcomm memiliki keunggulan dari sisi performa, pemakaian daya, graphics support (dukungan grafis) dan akses internet 4G.

Jenis Chipset yang terkenal adalah Qualcomm Snapdragon 400 dan Qualcomm Snapdragon 800.


Mediatek (MTK)

Awalnya Mediatek dianggap tidak dapat menyamai Chipset dari Qualcomm. Namun dalam perkembangannya kemampuannya sudah menyamai Qualcomm Snapdragon.

Mediatek adalah produsen yang fokus pada produksi chipset berkemampuan tinggi namun banderol harga terjangkau, sehingga banyak diminati. Jenis Chipset pertama dari MediaTek adalah Chipset MTK. Saat ini Chipset yang diawali kode MT diikuti empat kode angka tersebut sedang mengembangkan Chipset 64-bit.


Exynos (Samsung Electronics)

Selain dikenal sebagai produsen smarphone, Samsung juga memiliki divisi pengembangan SoC di bawah perusahaan Samsung Electronics. Chipset atau processor CPU milik Samsung yang terkenal adalah Exynos. Processor CPU Samsung umumnya digunakan untuk produk kelas elit seperti, misalnya Samsung Galaxy Note 3. Exynos juga disematkan pada beberapa seri Samsung Galaxy Tab.


NVidia

Qualcomm, Intel dan MediaTek memang cukup dikenal sebagai produsen prosesor mobil dunia. Namun selain mereka, ada CPU atau Chipset lain yang sangat terkenal khususnya dalam dunia game.

NVidia adalah penghasil chipset game. Produk seri Tegra adalah prosesor NVidia yang cukup terkenal. Chipset NVidia memang diproduksi khusus untuk pecinta game. NVidia bisa menghadirkan jumlah core yang efektif apalagi bila perangkat device menjalankan game berat dan grafis tinggi. Semua inti prosesor (core) akan bekerja. Tapi saat menjalankan aplikasi ringan prosesornya hanya berjalan dengan satu inti.

Urutan Prosesor HP Android NVidia Tegra milik NVidia yaitu : 


  • Nvidia Tegra 4i. CPU NVidia Tegra 4i merupakan produk NVidia tahun 2013. Processor ini adalah chip low power atau tenaga ringan/rendah. Chipset Tegra 4i adalah versi yang lebih rendah dari Tegra 4. Chipset ini adalah microprocessor empat core plus satu core pendamping yang kecepatannya mencapai 2 Ghz. Processor ini bisa digunakan pada hp dan tablet. 


  • NVidia Tegra K1. Selain Processor HP Tegra 4i, ada NVidia Tegra K1. Tegra K1 memiliki dua nomor model, yaitu T124 dan T132. Tegra K1 T124 adalah prosessor 32-bit dengan empat core disertai satu core pendamping low power. Tegra K1 model T132 adalah prosesor 54-bit memiliki dua core berkecepatan 2,5 Ghz. Prosesor ini dilengkapi GPU 192 core yang menggunakan teknologi Kepler. 


  • NVidia Tegra X1. Prosesor smartphone dan tablet Tegra X1 adalah produk terbaru tahun 2015. Chipset ini memiliki nomor model T210 yang memiliki delapan core 64-bit, masing-masing empat core Cortex A57 dan empat core Cortex A53. Kelebihan chipset Tegra X1 adalah memiliki GPU berbasis 256 core, sehingga olah grafisnya sangat tinggi. 


Macam-Macam GPU (Graphics Processing Unit)

Selain Chipset Processor CPU, perangkat smartphone juga didukung oleh GPU. GPU adalah semacam chip yang digunakan pada smartphone khususnya OS android yang berfungsi sebagai pengolah data grafis

GPU yang pertama kali diproduksi adalah GPU Ge-Force 256 tahun 1999 oleh NVidia. Fungsi GPU hampir menyerupai CPU pada komputer PC.

CPU pada komputer corenya terbatas, sementara GPU memiliki ribuan core. Fungsi GPU sangat penting di smartphone android karena mampu mengolah data grafis pada perangkat yang memiliki sistem grafis 3 dimensi. Sehinggga pengguna smartphone sangat dimanjakan dengan ketajaman gambar karena adanya GPU ini. Semakin tinggi tingkatan GPU maka semakin mahal harga gadget.

Urutan Daftar Prosesor GPU yang umumnya disematkan pada smartphone antara lain yaitu :


Mali

Sejumlah smartphone dan tablet saat ini banyak menggunakan GPU Mali. Pada tahun 2005 saja, 95% perangkat smartphone menggunakan GPU ini. Jenis tercepat GPU Mali adalah Mali T-720, namun belum banyak yang menggunakan GPU ini

Adreno

Beberapa tingkatan dari Adreno antara lain yaitu Adreno 130, Adreno 200, Adreon 205, Adreno 220, Adreno 225. Selain itu juga terdapat Adreno 230, Adreno 302, Adreon 305, Adreno 320, Adreno 330


GPU Tegra

GPU Tegra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008. Saat itu Tegra digunakan untuk media player zune HD. Beberapa jenis GPU Tegra yaitu Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4 dan Tegra K1. Sejak 2010 jenis GPU ini disematkan pada perangkat tablet sepertu Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200.


PowerVR

GPU PowerVR adalah chip buatan Video Logis. Jenis GPU PowerVR diproduksi untuk mobile processing. GPU ini banyak ditemui pada perangkat iPod dan iPhone milik Apple, contohnya iPhone 5S menggunakan PowerVR model G6430.

GPU VideoCore Broadcome

Selain GPU di atas, terdapat juga chip pengolah grafis VideoCore Broadcome. Jenis GPU VideoCore menggunakan daya rendah untuk pengoperasiannya. Sekarang GPU VideoCore Broadcome menggunakan DSP dual dimensi sebagai arsitekturnya sehingga menjadi fleksibel dan efisien.

Urutan GPU Terbaik/Tercepat HP/Smartphone


Berdasarkan uji coba dan penilaian yang dilakukan oleh Benchmark dengan indikator penilaian performa, konsumsi daya, kualitas grafis dan kecepatan pengoperasian, berikut adalah daftar urutan GPU Terbaik yang disusun dari peringkat terendah hingga tertinggi dari 10 jenis GPU di smartphone.

10. PowerVR SGX 544 MP4
9. ARM Mali-T628
8. PowerVR G6200
7. Qualcomm Adreno 330
6. PowerVR G6430
5. ARM Mali T760
4. Qualcomm Adreno 420
3. PowerVR GX6450
2. NVIDIA GeForce Tegra K1
1. Qualcomm Adreno 430

Dari urutan peringkat di atas, Qualcomm Adreno 430 adalah GPU Terbaik. Saat ini, untuk jenis SoC terbaik adalah NVidia Tegra. Selain Tegra, SoC terbaik juga dimiliki oleh Snapdragon Qualcomm.

Penutup
Performa Smartphone dan Tablet tidak hanya tergantung pada CPU dan GPU saja, tapi juga performa secara keseluruhan yang turut dipengaruhi oleh spek RAM, Hard Disk dan OS. Semakin banyak core yang dimiliki sebuah SoC (CPU dan GPU) dalam smartphone, maka harga smartphone menjadi lebih mahal.

0 Response to "Daftar Urutan Prosesor HP/Smartphone CPU/GPU Tercepat Terbaik"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.