CorelDraw, Aplikasi Desain Grafis Yang Perlu Kamu Miliki

CorelDraw Adalah Aplikasi Desain Grafis Yang Perlu Kamu Miliki


CorelDraw saat ini menjadi salah satu aplikasi desain grafis pilihan para desainer, baik untuk komersil maupun hobby dan karya. CorelDraw membantu terciptanya karya dan seni hanya dengan mengembangkan titik dan garis.

Corel Draw
CorelDraw, atau sebagian orang banyak mengetik atau menulis kata corel draw merupakan sebuah aplikasi desain grafis berbasis garis dan vektor yang menghasilkan gambar. Ya, CorelDraw atau corel draw ini sebuah software editor yang menghasilkan gambar, tepatnya editor gambar. 

Baca juga :


Para pengguna aplikasi desain grafis ada yang sudah paham apa itu grafis, garis dan vector. Tapi tidak sedikit pengguna sofware editor gambar yang belum memahami benar, karena sekedar hobby atau ingin berkarya mengandalkan intuisi. 

Semua hal yang berbau grafis pasti berhubungan dengan komputer. Saat ini komputer tidak hanya sekedar ketak ketik teks dokumen, surat undangan, analisa dan perhitungan. Komputer juga digunakan untuk main game, nonton film, membuat blog dan website, membuat gambar dan desain lainnya. Semua yang berhubungan dengan gambar disebut grafis. Semua yang berhubungan dengan gambar atau grafis tadi, pasti dimulai dengan titik dan garis. Kombinasi titik dan garis tadi bila diatur sedemikian rupa akan menghasilkan gambar baik statis maupun efek bergerak serta efek nyata (real time) maupun animasi. 

Nah untuk membantu para penggemar atau pelaku desain, baik web designer (desainer web), desain ruangan/arsitektur, desain fashion sampai desain teknik (technical designer) sejumlah vendor atau korporasi software telah menciptakan dan merilis sejumlah produk aplikasi cepat. Salah satu yang terkenal adalah CorelDraw. 

Ada software berarti harus ada hardware (perangkat keras). Kalau dianalogikan dengan perang, menggunakan CorelDraw sebagai senjata andalan pasti harus didukung perangkat keras sebagai peluncurnya. Apa saja hardware-nya ? Sudah pasti komputer PC atau laptop, mouse, pen (bila menggunakan layar sentuh) , meja, Multi Media, Printer dan Scanner. Hardware juga memiliki spek yang kompatibel/sesuai dengan softwarenya. Gak mungkin juga dong pakai software terbaru hardware-nya lawas. 

Sejarah CorelDraw
CorelDraw dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak atau software yang bermarkas di Ottawa, Kanada.  Pendirinya, Michael Cowpland, kelahiran Sussex, Inggris seorang engineer yang pindah ke Kanada dan mendapat gelar Ph.D. Michael Copwland seorang engineer dan pebisnis. Dia pendiri lembaga riset Copwland Research Laboratory atau yang kerennya dikenal dengan Corel. (sumber : Komunitas Corel Draw Indonesia, communty.coreldraw,com).

Tahun 1985 Corel Corporation berdiri. Tahun 1987 perusahaan ini merekrut sejumlah programmer untuk proyek software desain grafis yang digagas melalui program Desktop Publishing Corel milik  Corel Corporation. Software ini yang kelak mendunia namanya menjadi Corel Draw. Tahun 1988 software ini dirilis dan menjadi bahan perbincangan di berbagai belahan dunia. Sejak saat itu perusaahan ini fokus pada pengembangan perangkat lunak (sumber : jagoandesain.com).

Perkembangan CorelDraw
Dalam perkembangannya, Corel Corporation terus berinovasi seiring perkembangan teknologi. Sasaran utama produk mereka adalah para desainer, baik web desainer, fashion desainer, ilustrator, arsitek sampai seniman. Bila dikaji, aplikasi ini memadukan grafis dengan seni, atau sebaliknya. 

Selain itu, CorelDraw juga dirilis mengikuti perkembangan media desainnya yaitu komputer PC/laptop serta Operating System (OS)-nya. 

Software CorelDraw sudah dirilis dalam beberapa versi yaitu :
  • CorelDraw Versi 1.0 (Tahun 1988), berjalan di bawah OS Windows 3.0 dan Windows 3.1. Instalasinya menggunakan 2 keping disket 3,5 inchi. Update berlangsung hingga Februari 1990. 
  • Corel Draw Versi 2.0 (Tahun 1990), terdapat fitur baru untuk memecah gambar atau teks (Envelope Tool), mensimulasi gambar dan volume objek (Extrusion), memecah objek sepanjang sudut X dan Y menjadi bidang perspektif (Perspective).
  • Corel Draw Versi 3.0 (Tahun 1992), perbaikan efisiensi memori sehingga kinerja aplikasi cepat. Desain grafis dapat dilihat dengan real time. Pada versi ini aplikasi desain telah dirilis Photo Paint.
  • Corel Draw Versi 4.0 (Tahun 1993), kemampuan aplikasi desain grafis telah ditingkat sebagai software desktop publisihing dan telah dilengkapi dengan multipage.
  • CorelDraw Versi 5.0 (1994). Software versi ini cukup populer dan sempat lama menjadi aplikasi pendukung para desainer grafis karena sudah memiliki Colour Management, Screen Calibration (Kalibrasi layar), Effect PowerClip, Artistic Media, Bitmap Effect, Lens dan yang paling disukai adalah karena sudah bisa terhubung ke Printer dan Scanner. Kelemahannya terletak pada karakter huruf saat file disimpan hanya 8 karakter.
  • CorelDraw Versi 6.0 (1996), sudah menyesuaikan dengan hadirnya OS Windows 95 dan versi software ini pada 32byte. Tidak banyak fitur baru.
  • CorelDraw Versi 7.0 (1997), sudah lebih unggul dari versi sebelumnya antara lain fitur pengecek ejaan (Spell Checker), Pengecek Susunan Bahasa (Grammar Checker), pengubah vector menjadi bitmap (Convert to Bitmaps), Transparancy Tools (mengubah objek menjadi transparan), Interactive and Blend Tools, Natural Pen Tool, Draft and Enhanced Display, Find And Replace Wizard, Kamus (Thesaurus), Corel Scan and Corel Barista, Scrapbook (menggeser objek), Print Preview dengan Zoom.
  • CorelDraw Versi 8.0 (1998). Kebutuhan spek hardware menjadi meningkat, antara lain proccessor, memori penyimpanan dan memori grafis. Ada fitur baru antara lain Distortion Tools dan Drop Shadow. 
  • CorelDraw Versi 9.0 (1999), terdapat penambahan fitur Windows Navigator, Multilingual Document Support, Page Sorter (penyortir halaman), Web Graphic Tools, Perfect Shapes, animasi vector (CorelR.A.V.E). 
  • CorelDraw Versi 10.0 (2000), terdapat fitur tambahan Open, Save, Save As, Import dan Export dalam format SVG.
  • Corel Draw Versi 11.0 (2002), terdapat fitur baru khususnya bagi web desainer berupa Pemotong Gambar, Pressure Sensitive, Vector Brushes, 3 Point Curve (fitur penggambar) dan kumpulan simbol-simbol. 
  • Corel Draw Versi 12.0 (2003), tampilan semakin membaik. Ada tambahan fitur Dynamic Guideline dan Snap To Object membuat objek lebih sempurna. Kelemahannya yaitu pada proses cetak gambar (printing) yang lambat. 
  • Corel Draw Versi X3 (2005), merupakan software pertama yang mampu memotong grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama. Fitur baru lainnya antara lain Smart Fill Tool, Chamfer, Fillet, Scallop, Emboss Tool, Image Adjusmet Lab (ruang pengaturan gambar), Power Trace (penjiplak terintegrasi).
  • Corel Draw Versi X4 (2008), merupakan versi yang kompatibel dengan Windows Vista. Fitur baru yang dirilis antara lain pengindetifikasi huruf, Concept Share, Table Tool, Independent Page Layers, Live Text Formatting, dan sudah mendukung kamera dengan format ekstensi .RAW
  • CorelDraw Versi X5 (2010). Sudah kompatibel dengan OS Windows 7 dan proccessor multicore. Fitur baru antara lain Pengelolaan Warna, Graphics dan Animation Tools, Pixel View, Mesh Tool. Versi ini sudah mengembangkan Tool Transform yang mampu membuat banyak salinan objek. 
  • CorelDraw Versi X6 (2012), sudah tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit. Fiturnya hanya penyempurnaan dari versi sebelumnya.
  • CorelDraw Versi X7 (2014). File instalasi bertambah kapasitasnya, sehingga spek minimal komputer PC atau laptop juga meningkat. Beberapa perubahan signifikan antara lain workspace lebih interaktif, fill and transparency tool dapat dikontrol sesuai keinginan, desain antar muka lebih dapat disesuaikan dengan konsep metro design. Versi ini semakin mempermudah pengguna memilih font dengan tampilan nyaman. Ada special effect pada editing foto. Sudah mendukung resolusi tinggi dan multi display.
  • CorelDraw Versi X8 (2016). Sama seperti Versi X6 dan X7, kebutuhan akan spek minimum hardware (perangkat keras) pendukung berjalannya aplikasi cepat ini semakin meningkat. Spek minimum komputer antara lain Windows 7 ke atas versi 32-bit dan 64-bit, proccessor Intel i3 ke atas atau AMD Athlon 64, RAM 2 Gb ke atas, support Microsoft Internet Explorer 11 ke atas, Microsoft .Net Framework versi 4.6. Spek tinggi ini juga menyesuaikan harga software original full version yang sampai jutaan.
Produk Unggulan CorelDraw
Saat ini Corel Corporation sudah merilis sejumlah produk desain grafis dengan branding CorelDraw. Bahkan media penggunaan tidak lagi berkutat pada komputer PC dan laptop, tapi tablet. Selain itu produk juga sudah kompatibel untuk pengguna Iphone dan Mac. 

Produk software desktop yang dirilis yaitu :
  • Ilustrasi dan Desain : CorelDraw Graphics Suite 2017, CorelDraw Home & Student Suite X8, CorelDraw Graphics Suite X8 - Small Business Edition.
  • Technical Graphics : CorelCAD 2017 (kompatibel untuk Windows dan Mac), CorelDraw Technical Suite 2017, Lattice 3D Studio CAD Corel Edition
  • Corel Website Creator
Tim Corel Corporation juga menyediakan layanan panduan dan tutorial bagi para pengguna pemula maupun profesional. Mereka menyediakan buku dan pelatihan. Selain itu ada juga sertifikasi. Ini sangat cocok bagi para pelamar kerja karena sertifikat keahlian ini sangat mendukung Curicullum Vitae. Sayangnya untuk mengikuti ujian sertifikasi ini membutuhkan biaya besar. 

Kamu bisa kunjungi webnya untuk download aplikasi desain grafis coreldraw gratis langsung di coreldraw.com. Tapi sayang hanya versi trial selama 15 hari. Lewat dari situ sejumlah fitur tidak dapat difungsikan. Kalau mau download coreldraw free full version, bisa kunjungi beberapa blog bahasa Indonesia kayak punya Bagas31.com. 

Corel draw
Contoh Desain CorelDraw
CorelDraw, Antara Karya, Seni dan Profesionalitas
Sobat, kamu tahu gak, untuk menjadi seorang desainer grafis atau web ilustrator, atau penyedia jasa cetak undangan dan cetak logo saja, kamu harus lolos beberapa syarat utama.  

Syarat utama untuk mahir mengoperasikan CorelDraw adalah : 
  • Punya komputer PC atau laptop
  • Punya software atau aplikasi desain grafisnya (bisa beli kalau punya uang. Kalau gak punya duit buat beli, gak apa-apa deh gratisan, bisa download versi trialnya langsung di website, atau bisa download aplikasi gratis full version di internet. Untuk ilmu gak ada yang gak mungkin)
  • Bisa mengoperasikan komputer PC atau laptop
  • Mengerti apa itu garis, vektor dan grafis
  • Punya visi, intuisi dan passion dalam membuat desain
  • Tidak lelah untuk belajar dan berkarya
  • Mau bertanya dengan yang sudah ahli.  
  • Pastikan di tempatmu ada sumber listrik. Yang penting bukan sumber api, karena bukan ilmu yang didapat tapi sakit yang menjerat plus utang yang mengikat, hehe...
Syarat-syarat di atas saling terkait, terlepas dari tujuan akhirnya yaitu karya atau produk. Ada yang menjadikan coreldraw sebagai software yang menuangkan nilai seni. Ada juga yang menjadikan coreldraw sebagai senjata komersil dan profesi. Sangat luas memang, tapi hasil akhir CorelDraw pastilah menawarkan keindahan.

0 Response to "CorelDraw, Aplikasi Desain Grafis Yang Perlu Kamu Miliki"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.