Browser Terbaik/Tercepat Di Dunia 2017 Untuk Android/PC

Browser Terbaik dan Tercepat Di Dunia 2017 Untuk Android/PC


Browser terbaik dan tercepat untuk PC/Android agar mendapatkan akses internet cepat harus memenuhi kriteria dan aspek penilaian berikut ini, sehingga ada dasar mengapa browser tersebut disebut terbaik. Berikut ini akan diulas mengenai browser terbaik dan tercepat di dunia untuk pc dan android tahun 2017.


Browser Terbaik Internet


Kecepatan Akses Internet Indonesia Saat Ini

Perlu diketahui, pengguna internet di Indonesia tahun 2016 berdasarkan survey APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) adalah 132,7 juta user (51,5 % dari total penduduk Indonesia). Terjadi lonjakan sekitar 44,6 juta user dari tahun 2014. 

Baca Juga :



9 Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Koneksi Internet Wifi/Smartphone 

Mempercepat Koneksi Internet Wifi Modem Dan Smartphone Dengan 3 Trik Rahasia 

Mempercepat Koneksi Internet PC Pelanggan Wifi 

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Pengguna Telkomsel/Indosat/3 



Pengguna internet terbanyak adalah usia 35-44 tahun sebesar 29,2 %. Pengguna internet terbanyak yaitu yang berprofesi sebagai wiraswasta/pekerja sebanyak 82,2 juta (62%). Browser yang paling sering digunakan oleh user adalah Google Chrome sebesar 66,6%.


Sementara itu, menurut Akamai Technologies (perusahaan penyedia komputasi awan asal Cambridge, Massachuset, Amerika Serikat) melalui rilis laporan State of The Internet Report Q1 2016 untuk akses internet cepat (broadband) rata-rata global Indonesia adalah 6,3 Mbps dan berada pada posisi 94 se-Asia Pasifik alias belum dapat menyaingi negara maju. 


Tapi untuk rata-rata kecepatan puncak, Indonesia berada pada posisi ke-3. Kenapa ? menurut laporan itu pembangunan infrastruktur IT Indonesia sudah semakin maju. Bahkan menurut Menkominfo, tahun 2019 semua wilayah harus terhubung ke broadband dengan kecepatan sama alias tidak ada lagi yang namanya internet lelet (sumber : CNN, 15/6/2016).


Lalu apa hubungannya data survey APJII dan rilis laporan dari Akamai Technologies tadi dengan browser ? Kalau sobat perhatikan, Survey APJII, rilis laporan Akamat Technologies serta pernyataan dari Kominfo di atas berhubungan dengan internet dan akses internet cepat. Nah, untuk membantu akses internet cepat, sobat perlu bantuan aplikasi cepat internet yang bernama browser. 



Pengertian Web Browser Dan Contohnya


Untuk menggunakan browser terbaik untuk akses internet cepat harus terlebih dahulu memahami pengertian web dan browser. 

Apa itu browser ? Asal katanya dari bahasa Inggris (web browser), diistilahkan sebagai penjelajah web, peramban web atau penelusur web, yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. 


Dengan kata lain browser adalah program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk dapat terhubung dengan internet. Tanpa dukungan aplikasi browser terbaik akan sulit mengakses internet cepat.



Awal Pembuatan Web Browser 

Pada awal-awal terciptanya, penjelajah web yang dikenal adalah WorldWideWeb yang kemudian diubah menjadi Nexus. Tahun 1993 Marc Andreessen melakukan inovasi teknologi peramban dengan menciptakan Mosaic lalu dikenal dengan nama Netscape, peramban web populer pertama di dunia. 

Program ini menguasai hampir 90% penggunaan penjelajah internet di dunia. Lalu berturut-turut tidak mau kalah Microsoft menciptakan Internet Explorer. Tahun 90'an merupakan era awal perang penjelajah internet.



Browser Terbaik Dan Tercepat Di Dunia 2017 Untuk Android/PC 



Saat ini, di tahun 2017, dikenal banyak browser di dunia. Kira-kira, browser terbaik didunia untuk akses internet cepat apa saja ? Contoh-contoh browser, diantaranya adalah browser terbaik di dunia yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari hingga Baidu. Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan Internet Explorer digadang-gadang sebagai aplikasi browser terbaik PC.  Tapi mana yang terbaik dari yang terbaik ?

Baca Juga :

Aplikasi Browser Terbaik dan Ringan/Aman/Tercepat Di Dunia


Menurut Top Ten Reviews (salah satu situs review terkenal), browser terbaik internet dinilai dengan indikator berikut :


Browser Terbaik, Tercepat Di Dunia 2017 Untuk Android/PC Ditentukan oleh Speed dan Compability (Kecepatan dan Kesesuaian/Kecocokan) Dari Browser

Browser tercepat adalah browser terbaik. Masa sih ? Untuk mengujinya, dapat dilakukan dengan membuka sebuah halaman website pada sebuah PC melalui 9 browser. Percobaan dilakukan sebanyak 10 kali untuk mengetahui rata-rata loading pada halaman tersebut. Browser tercepat adalah browser yang dapat membuka halaman website kurang dari 2 detik. Tapi ini juga harus didukung dalam broadband yang sama lho. Gak mungkin dong membandingkan hasil pengujiannya sementara broadband Indonesia di bawah Singapura.

Selain itu, browser terbaik adalah browser yang mampu menjalankan semua aspek pendukung sistem pengoperasian utama (major operating system).



Perbandingan Kecepatan Browser Terbaik
Perbandingan Kecepatan Browser Internet 

Indikator dari Speed And Compability yang dinilai adalah Ease of Use (%), Initial Start Up, Average Start Up Time, Navigation Time, Mobile Browser App, dan Synchorization.


Berdasarkan infografis di atas, Mozilla Firefox unggul dibandingkan Google Chrome, Opera, Safari dan Internet Explore yang memiliki layanan yang sama, sementara 4 browser lainnya tidak memiliki indikator yang lengkap seperti 6 browser di atasnya. Untuk smartphone, Mozilla Firefox, Google Chrome dan Opera telah merilis aplikasinya dan merupakan aplikasi browser android terbaik saat ini.



Browser Terbaik 2017 dan Tercepat Di Dunia Untuk PC/Android Ditentukan oleh Features (Fitur/Layanan) Aplikasi Browser


Browser yang menciptakan kemudahan dan praktis adalah browser terbaik. Semakin banyak fitur browser yang memudahkan user, semakin baik browser tersebut. Fitur-fitur yang menciptakan kemudahan antara lain menawarkan setting toolbar terkustomisasi dan mudah diatur, ada tab yang mudah diatur, menciptakan RSS feeds dan menyimpan bookmark.


Fitur Khusus Browser Terbaik dan Tercepat
Perbandingan Features Browser Internet

Indikator yang dinilai adalah Tabbed Browsing, Bookmarks, Integrated Search Engine, Add-Ons, Save Tabs, Customization Options, Zoom, Find-On-Page Function, Password Manager, Autofill, Automatic Updates,Spell Check, Seamless Download Manager, Mouse Gestures, Voice Interaction, Open-Source Development, dan Parental Controls.


Berdasarkan indikator, hanya Mozilla Firefox dan Google Chrome yang paling lengkap. Namun secara rata-rata, Mozilla unggul dalam kemudahaan penggunaan dibandingkan Google Chrome. Untuk kategori fitur, maka browser terbaik dan tercepat di PC pantas disematkan pada Mozilla.



Sistem Security (Keamanan) Merupakan Indikator Browser Terbaik dan Tercepat 2017 Untuk PC/Android


Masalah keamanan dalam menjelajahi seluruh laman sumber informasi (website) masih menjadi fokus sejumlah provider peramban maupun pemilik website itu sendiri. Hal ini berhubungan dengan hak cipta dan pencurian data elektronik yang dapat menimbulkan kerugian besar. Selain itu, kenyamanan dalam menjelajahi halaman website saat ini rentan dengan adanya iklan pop-up serta malware maupun spyware.

Browser terbaik adalah browser yang memiliki fitur dan pengaturan anti malware, anti spyware, pop-up blocker, pengaturan privasi dan yang mampu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna selama berinternet.



Fitur Keamanan Browser Terbaik Untuk PC/Android
Perbandingan Layanan Keamanan Internet Browser

Pada aspek Security, indikator yang diperhatikan adalah Pop-Up Blocker, Clear Data, Anti-Spyware, Anti-Virus, Anti Phishing, dan Private Mode.


Berdasarkan infografis di atas, hanya Maxthon dan Avant Browser yang tidak lengkap, sementara 7 browser lainnya lengkap. Namun dari sesi kualitas keamanan, sepertinya Mozilla Firefox lebih unggul dibandingkan lainnya.



Browser Terbaik dan Tercepat Di Dunia 2017 Untuk Android/PC Ditentukan oleh Layanan Help And Support (Bantuan dan Dukungan)


Browser terbaik adalah browser yang membantu dan mendukung user untuk mengetahui permasalahan yang mereka dapatkan selama menggunakan browser terdapat. Layanan seperti FAQ's, user guide, email, serta tutorial/technical support merupakan layanan yang disediakan oleh browser terbaik.

Pada aspek Help And Support, indikator yang diperhatikan adalah Online Knowledgebase, User Guide, User Forums, FAQs, Tutorials, Email Support.  Browser terbaik biasanya menyediakan layanan ini, namun tidak semua web browser dapat merespon cepat.



Browser Terbaik Dengan Layanan Support Terbaik


Browser Terbaik/Tercepat Di Dunia Untuk PC Paling Recomended 

Berdasarkan infografis di atas, ternyata Mozilla Firefox yang digadang-gadang sebagai browser terbaik di dunia masih kalah dibandingkan Opera, Safari dan Internet Explorer. 

Nah, berdasarkan Indikator dan Aspek yang diperhatikan untuk melakukan penilaian dan perbandingan terhadap browser terbaik di dunia dan layak untuk direkomendasikan sebagai browser terbaik untuk akses internet cepat, Top Ten Reviews merilis daftar berikut :




Browser Terbaik
Rata-rata Keseluruhan Penilaian terhadap Browser Terbaik


Dari perbandingan kriteria dan aspek penilaian terhadap browser tersebut, Mozilla Firefox menjadi browser terbaik dan tercepat di dunia untuk PC/Android dalam mengakses internet cepat. 


Daftar browser terbaik/tercepat di dunia untuk PC tahun 2017 (tahun ini) yaitu :


  1. Mozilla Firefox
  2. Google Chrome
  3. Opera
  4. Safari
  5. Internet Explorer
  6. Torch
  7. Maxthon
  8. SeaMonkey
  9. Avant Browser



Browser Terbaik/Tercepat Di Dunia Untuk Android 


Sebelum ada smartphone, orang terlebih dahulu mengenal  ponsel.

Apa itu Android dan Internet Android ? Smartphone merupakan perangkat komunikasi yang menggabungkan fitur telepon (pada HP/ponsel) dengan fitur komputer dan internet dalam satu perangkat (pada PDA). Smartphone sering juga disebut ponsel pintar.

Bagaimana Android beroperasi ? Android merupakan sebuah sistem operasi atau OS (Operating System) berbasis Linux. Android diakuisisi oleh Google pada 2005. Android dikembangkan secara khusus oleh Google menggunakan binari tersendiri yang disediakan oleh produsen agar Android bisa berjalan pada perangkat. Android memungkinkan pihak ketiga memasukkan aplikasi dalam galeri gratis ataupun berbayar, sekaligus memungkinkan penggunanya memasang aplikasi tersebut secara otomatis di perangkatnya.

Nah, adanya Android memungkinan pengguna smartphone bisa mengakses internet. Oleh developer browser hadirnya Android dimanfaatkan untuk mengembangkan browser agar kompatibel untuk smartphone. Browser kemudian dibuat untuk versi OS smartphone Android, dalam bentuk browser App. Browser Android bisa didownload melalui Apps Store yang tersedia di Play Store Google atau situs penyedia link download Aplikasi gratis. 

Lalu, apa browser terbaik versi Apps Android ? ternyata dari sejumlah browser terbaik yang tersedia untuk PC tidak semuanya mengembangkan mobile browser. 


Daftar browser Terbaik/Tercepat Di Dunia Untuk Android (Smartphone/Tablet) :


  1. Mozilla Firefox
  2. Google Chrome
  3. Opera Mini
  4. Yandex
  5. Baidu


Pertimbangan Untuk Mendapatkan Akses Internet Cepat di Browser Terbaik dan Tercepat Di Dunia 2017


Untuk mendapatkan kemudahan menjelajahi dunia maya secara online melalui internet perlu menggunakan software peramban terbaik. Saat ini banyak browser yang bisa didownload baik browser android maupun PC tetapi malah membuat penggunanya tidak nyaman karena sisipan iklan dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk hasil maksimal gunakanlah browser yang menyediakan kemudahan memberikan kenyamanan saat menggunakan internet. Menggunakan browser yang tidak kompatibel dengan perangkat misalnya pada pc/laptop justru menjadi penyebab laptop lemot.

0 Response to "Browser Terbaik/Tercepat Di Dunia 2017 Untuk Android/PC"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.